Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:14 WIB | Kamis, 03 Maret 2016

Erdogan: Turki Siap Bantu Nigeria Perangi Terorisme

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Dok. satuharapan.com)

ABUJA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan pada hari Rabu (2/3) bahwa negaranya siap membantu memerangi terorisme di Nigeria, tempat ekstremis Boko Haram membantai ribuan orang dalam teror berdarah demi ISIS.

Dia juga menandatangani memorandum tentang kerja sama perdagangan dan ekonomi, yang dianggap Presiden Nigeria Muhammadu Buhari merupakan “permulaan dari proses yang akan dijalani.”

Saat berbicara setelah menggelar pertemuan dengan Buhari di Abuja, Erdogan bersimpati dengan rakyat Nigeria yang memerangi ekstremis, seraya mengatakan bahwa dia merasakan penderitaan mereka.

“Saat sebuah negara memerangi terorisme sejak lama saat ini, setiap aksi teroris biadab yang terjadi di Nigeria sangat melukai hati kami,” kata Erdogan kepada wartawan di vila kepresidenan.

“Kami selalu siap untuk bekerja sama dengan Nigeria ketika memerangi terorisme.”

Keamanan merupakan tema yang terus digaungkan dalam kunjungan ke Pantai Gading dan Ghana menjelang lawatannya di Nigeria dalam tur kunjungan resmi yang bertujuan memperkuat hubungan dengan negara-negara anggota the Economic Community of West African States (ECOWAS).

Pada hari Selasa, Erdogan mengatakan kepada parlemen Ghana bahwa Turki bisa “sangat berkontribusi terhadap pembentukan perdamaian dan keamanan global.”

Dia akan mempersingkat lawatannya di Afrika dengan kunjungan terakhir ke Guinea. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home