Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:55 WIB | Sabtu, 03 Januari 2015

Eropa Prioritaskan Berantas Penyelundupan Manusia

Komisi Eropa akan memperketat upaya pencegahan penyelundupan manusia, setelah dua kapal mengangkut ratusan migran terdampar di lepas pantai Italia pekan ini. (Foto: voaindonesia.com)

ITALIA, SATUHARAPAN.COM – Komisi Eropa mencatat, para penyelundup menemukan rute-rute baru ke Eropa, dan menggunakan taktik-taktik baru untuk mengeksploitasi orang-orang-orang yang putus asa, yang berupaya melarikan diri dari konflik dan perang di negara asal mereka. Komisi itu menyatakan, “kita tidak boleh membiarkan para penyelundup membahayakan nyawa orang lain di kapal tua yang ditelantarkan di cuaca yang berbahaya.”

Untuk kedua kalinya pekan ini, Pihak berwenang Italia telah menguasai kapal kargo yang mengangkut ratusan migran yang ditelantarkan awaknya di lepas pantai Italia.

Para penjaga pantai Italia hari Jumat ( 2/1) diturunkan dari helikopter ke dek kapal Ezadeen, yang berlayar dari Turki.

Tidak ada seorang pun awak dalam kapal yang berlayar di bawah bendera Sierra Leone itu. Kapal tersebut mengalami kerusakan mesin di tengah laut dan mengapung sekitar 40 kilometer dari lepas pantai Crotone di Italia selatan. Pihak berwenang memperkirakan sekitar 450 orang berada dalam kapal tersebut, termasuk perempuan dan anak-anak. Sebagian besar diperkirakan warga Suriah.

Sebelumnya, seorang penumpang mampu mengoperasikan radio kapal itu dan memberi tahu pihak berwenang bahwa awak kapal telah melompat dari kapal.

Hari Rabu (31/1), para pelaut Italia mencegat kapal Kargo Blue Sky yang terdaftar di Moldova, kemudian memandunya dengan aman ke pelabuhan Gallipoli. (voaindonesia)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home