Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:42 WIB | Rabu, 08 Januari 2020

FAA Larang Penerbangan di Atas Iran dan Irak

Terkait ketegangan di Wilayah tersebut antara AS dan Iran
Peta Wilayah Irak dan Iran. (Foto: Ist)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) mengatakan akan melarang operator AS beroperasi di wilayah udara di atas Irak, Iran, Teluk Oman dan perairan antara Iran dan Arab Saudi setelah Iran melancarkan serangan rudal terhadap pasukan pimpinan AS di Irak.

Teheran menembakkan lebih dari selusin rudal balistik dari wilayah Iran terhadap setidaknya dua pangkalan militer Irak yang menampung personel koalisi pimpinan AS, kata militer AS, hari Selasa (7/1), dikutip Reuters.

FAA mengatakan pihaknya mengeluarkan larangan terbang wilayah udara "karena aktivitas militer yang meningkat dan meningkatnya ketegangan politik di Timur Tengah, yang menghadirkan risiko yang tidak disengaja untuk operasi penerbangan sipil AS."

Beberapa maskapai non-AS memiliki penerbangan di beberapa bagian Irak dan Iran pada saat itu, menurut data FlightRadar24. Mereka tidak secara langsung dipengaruhi oleh larangan FAA, tetapi operator asing dan regulator nasional mereka biasanya mempertimbangkan saran AS dengan hati-hati ketika memutuskan ke mana harus terbang.

Sebelum panduan terbaru, FAA telah melarang operator AS terbang di bawah 26.000 kaki di atas Irak dan terbang di atas wilayah udara Iran ,di atas Teluk dan Teluk Oman sejak Iran menembak jatuh drone AS yang terbang tinggi Juni lalu.

Singapore Airlines Ltd mengatakan setelah serangan terhadap pangkalan AS di Irak bahwa semua penerbangannya akan dialihkan dari wilayah udara Iran.

Operator semakin mengambil langkah-langkah untuk membatasi ancaman pada pesawat mereka setelah Malaysia Airlines Penerbangan MH17 ditembak jatuh pada tahun 2014 oleh rudal di atas Ukraina, menewaskan semua 298 orang di dalamnya.

Tim penerbangan internasional telah diaktifkan untuk mendukung "koordinasi dan komunikasi yang efektif" antara maskapai dan negara ketika ketegangan meningkat di Timur Tengah, setelah serangan pesawat tak berawak AS menewaskan seorang komandan militer Iran, badan penerbangan global IATA mengatakan pada hari Selasa (7/1).

Maskapai penerbangan dan agen penerbangan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mulai memantau wilayah udara strategis di atas Iran dan Irak. Dengan beberapa operator komersial masih melayani negara-negara tersebut dan yang lain terbang di atas wilayah udara mereka, kata pernyataan International Air Transport Association yang mengingatkan negara-negara tentang kewajiban mereka untuk mengomunikasikan risiko potensial terhadap penerbangan sipil.

"Sangat penting bahwa negara-negara memenuhi kewajiban ini karena ketegangan di Timur Tengah meningkat," kata kelompok itu, beberapa hari setelah pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani pada hari Jumat (3/1) menjerumuskan kawasan itu ke dalam krisis baru.

Pada hari Senin, Jerman menerbitkan peringatan baru untuk Irak, yang menunjukkan daerah-daerah yang mengkhawatirkan lalu lintas udara yang terlalu padat, menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh situs OPSGROUP.

Tim koordinasi yang dioperasikan oleh IATA dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) diaktifkan sebagai "tindakan pencegahan standar," dalam hal tindakan kontingensi diperlukan oleh perusahaan penerbangan, kata IATA dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Tim ini menyatukan maskapai, regulator dan penyedia layanan navigasi udara untuk memastikan risiko potensial terhadap penerbangan disebarkan dengan cepat, sumber industri yang akrab dengan grup itu mengatakan. "Semua orang mendesak untuk menahan diri," kata sumber itu, yang berbicara dengan syarat anonim karena sensitivitas masalah ini.

Wilayah udara yang dikendalikan oleh Iran dan Irak dipandang strategis untuk penerbangan komersial di Timur Tengah. Jika ada kebutuhan untuk menutup wilayah udara, operator harus mengalihkan yang akan menyebabkan meningkatnya volume lalu lintas udarakeyang dan biaya bahan bakar, kata sumber itu.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home