Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:19 WIB | Sabtu, 04 September 2021

FAA Tak Izinkan Virgin Galactic Terbang, Sebelum Penyelidikan Selesai

Foto bertanggal Minggu, 11 Juli 2021, pesawat yang membawa pendiri Virgin Galactic, Richard Branson, dan anggota awak lainnya lepas landas dari Spaceport America dekat Truth or Consequences, New Mexico. Virgin Galactic berencana meluncurkan tiga peneliti Italia ke tepi luar angkasa lama beberapa pekan mendatang, bahkan saat penerbangan sebelumnya dengan pendiri Richard Branson sedang diselidiki oleh Administrasi Penerbangan Federal (FAA). (Foto: AP/Andres Leighton)

CAPE CANAVERAL, SATUHARAPAN.COM-Administrasi Penerbangan Federal (FAA) Amerika Serikat mengatakan pada hari Kamis (2/9) bahwa Virgin Galactic tidak dapat meluncurkan siapa pun ke luar angkasa lagi sampai penyelidikan selesai atas kecelakaan yang terjadi selama penerbangan bulan Juli dengan pendirinya, Richard Branson.

Larangan itu datang ketika Virgin Galactic mengumumkan rencana untuk meluncurkan tiga peneliti Italia ke luar angkasa dalam beberapa pekan.

FAA mengatakan kapal roket yang membawa Branson dan lima karyawan Virgin Galactic menyimpang dari jalurnya saat turun kembali ke landasan pacu di gurun New Mexico pada 11 Juli. Penyimpangan itu menempatkan pesawat di luar area izin kontrol lalu lintas udara.

FAA mengawasi penyelidikan; itu bertanggung jawab untuk melindungi publik selama peluncuran komersial dan penerbangan kembali. Keamanan kru, di sisi lain, berada di luar yurisdiksinya. Virgin Galactic bersikeras pada hari Kamis bahwa Branson dan semua orang di dalamnya tidak pernah berada dalam bahaya tambahan.

"Virgin Galactic tidak dapat mengembalikan pesawat SpaceShipTwo ke penerbangan sampai FAA menyetujui laporan investigasi kecelakaan akhir atau menentukan masalah yang terkait dengan kecelakaan itu tidak mempengaruhi keselamatan publik," kata FAA dalam sebuah pernyataan.

Virgin Galactic mengakui pesawat luar angkasa itu jatuh di wilayah udara yang dilindungi selama satu menit 41 detik. Bagian terbang bebas pesawat ruang angkasa dari penerbangan naik-turun berlangsung sekitar 15 menit dan mencapai ketinggian 53,5 mil (86 kilometer).

Virgin Galactic mengatakan angin menambah ketinggian yang menyebabkan perubahan jalur penerbangan dan bersikeras kedua pilot "merespons dengan tepat." Dalam sebuah pernyataan, perusahaan mengatakan penerbangan itu adalah "penerbangan uji yang aman dan sukses yang mematuhi prosedur penerbangan dan protokol pelatihan kami."

Dalam pernyataan lain di hari Kamis, Virgin Galactic menambahkan bahwa "pesawattidak pernah melakukan perjalanan di atas pusat populasi mana pun atau menyebabkan bahaya bagi publik." Virgin Galactic beroperasi dari Spaceport America di gurun selatan New Mexico.

“Kami menganggap ini serius dan saat ini sedang menangani penyebab masalah dan menentukan bagaimana mencegah hal ini terjadi pada misi masa depan,” kata perusahaan itu.

Branson akhirnya mengalahkan sesama miliarder, Jeff Bezos, pendiri Amazon serta perusahaan roket Blue Origin, ke luar angkasa dalam waktu sembilan hari. Bezos diluncurkan 20 Juli bersama tiga lainnya dari Texas Barat.

Virgin Galactic dan Blue Origin bersaing untuk menjual kursi kepada turis, ilmuwan, dan siapa pun yang ingin mengalami beberapa menit tanpa bobot. Roket Virgin Galactic diluncurkan dari pesawat terbang, sementara kapsul Blue Origin diangkat oleh roket New Shepard yang dapat digunakan kembali.

Virgin Galactic menargetkan akhir September atau awal Oktober untuk penerbangan berikutnya, dengan dua perwira Angkatan Udara Italia, seorang insinyur untuk Dewan Riset Nasional Italia, kepala instruktur astronot Virgin Galactic, dan dua pilot pesawat roket. Ini akan menjadi peluncuran pertama perusahaan di mana para peneliti menemani eksperimen mereka sendiri. Perusahaan berencana untuk mulai menerbangkan pemegang tiket tahun depan.

Blue Origin belum mengumumkan tanggal untuk penerbangan penumpang berikutnya, selain mengatakan akan segera. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home