Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:48 WIB | Senin, 22 Mei 2023

Faktor Cuaca Jadi Alasan Utama Penundaan Serangan Balasan Ukraina

Tentara Ukraina menembakkan meriam di dekat Bakhmut, sebuah kota timur di mana pertempuran sengit melawan pasukan Rusia telah terjadi, di wilayah Donetsk, Ukraina, 15 Mei 2023. Selama berbulan-bulan, sekutu Barat telah mengirimkan sistem senjata dan amunisi bernilai miliaran dolar ke Ukraina dengan urgensi untuk mendapatkan pasokan ke Kiev pada waktunya untuk mengantisipasi serangan balasan musim semi. Sekarang musim panas tinggal beberapa pekan lagi. Sementara Rusia dan Ukraina fokus pada pertempuran sengit untuk Bakhmut, serangan musim semi Ukraina belum dimulai. (Foto: dok. AP/Libkos)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Selama berbulan-bulan, sekutu Barat telah mengirimkan sistem senjata dan amunisi senilai miliaran dolar ke Ukraina dengan urgensi ke Kiev tepat waktu untuk mengantisipasi serangan balasan pada musim semi ini mengusir invasi Rusia.

Sekarang musim panas tinggal beberapa pekan lagi. Sementara Rusia dan Ukraina fokus pada pertempuran sengit untuk kotaBakhmut, tapi serangan musim semi Ukraina belum dimulai.

Pekan lalu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan itu ditunda karena negaranya kekurangan senjata Barat yang cukup untuk berhasil tanpa menimbulkan terlalu banyak korban. Cuaca dan pelatihan juga berperan, kata para pejabat dan pakar pertahanan.

Pejabat bersikeras serangan balasan akan datang. Tindakan awal oleh Ukraina untuk mengatur kondisi yang diinginkan untuk serangan telah dimulai, kata seorang pejabat Amerika Serikat dengan syarat anonim untuk membahas masalah-masalah sensitif.

Melihat faktor-faktor yang menyebabkan penundaan serangan balasan dan persiapan yang dilakukan kedua belah pihak untuk mengantisipasinya segera dimulai.

Masalah Cuaca

Sebagian besar alasan penundaan adalah cuaca. Butuh waktu lebih lama dari yang diharapkan untuk mencairkan dan mengeringkan tanah beku Ukraina, karena musim semi yang panjang, basah, dan dingin, yang menyulitkan transisi ke serangan.

Sebaliknya, tanah tetap memiliki lumpur yang dalam yang mempersulit kendaraan non track untuk beroperasi. Lumpur itu seperti sup, kata pejabat itu. "Kamu dapat tenggelam di dalamnya."

Pelatihan Militer

Dalam beberapa bulan terakhir, puluhan ribu tentara Ukraina telah dilatih oleh AS dan sekutunya untuk berperang. Tetapi batalion Ukraina terakhir yang sedang dilatih AS baru saja menyelesaikan jalurnya sekarang.

Kelas terakhir ini menjadikan jumlah total orang Ukraina yang telah dilatih AS untuk pertarungan ini menjadi lebih dari 10.700. Pasukan itu tidak hanya mempelajari keterampilan lapangan dan medis, tetapi juga taktik senjata gabungan tingkat lanjut dengan kendaraan tempur lapis baja Stryker dan Bradley serta howitzer self-propelled Paladin. Ini juga termasuk pasukan yang sangat terampil yang dilatih untuk mengoperasikan sistem pertahanan rudal Patriot.

Menurut Angkatan Darat AS Eropa-Afrika, lebih dari 41.000 tentara tambahan Ukraina telah dilatih melalui program yang dijalankan oleh lebih dari 30 negara mitra.

Segera fase baru akan dimulai: AS akan mulai melatih orang Ukraina dengan tank Abrams di Area Pelatihan Grafenwoehr di Jerman. Tetapi Ukraina tidak akan menunggu pelatihan tank selesai sebelum mereka melancarkan serangan balasan, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan kepada wartawan pada akhir April.

Kedatangan Senjata

 

Hanya dalam lima bulan terakhir saja, AS telah mengumumkan akan mengirim lebih dari US$14 miliar senjata dan amunisi ke Kiev, yang sebagian besar ditarik dari stok yang ada untuk mendapatkan pasokan ke Ukraina lebih cepat.

NATO dan sekutu Barat telah menanggapi juga, menjanjikan miliaran tank, kendaraan lapis baja, dan sistem pertahanan udara.

Tetapi banyak dari perlengkapan itu masih belum tiba, kata Ben Barry, mantan pejabat intelijen Inggris yang sekarang menjadi rekan senior perang darat di International Institute for Strategic Studies.

Misalnya, dari sekitar 300 sistem tank yang dijanjikan, seperti tank Leopard 2 yang dijanjikan oleh negara-negara termasuk Denmark, Belanda, Spanyol dan Jerman, hanya sekitar 100 yang telah tiba. Dari sekitar 700 kendaraan tempur yang dijanjikan, seperti kendaraan tempur infanteri Marauders Inggris dan Bradley AS, hanya sekitar 300 yang telah tiba, katanya.

Ukraina juga akan membutuhkan amunisi yang cukup untuk mempertahankan pertempuran dengan tempo yang lebih tinggi setelah serangan balasan dimulai. Mengenai amunisi yang dibutuhkan, kepala logistik militer Ukraina juga akan memiliki suara yang kuat ketika tentara siap untuk diluncurkan, kata Barry.

Hanya dalam satu howitzer 155mm, Ukraina menembakkan antara 6.000 dan 8.000 peluru per hari, kata anggota parlemen Ukraina, Oleksandra Ustinova, kepada wartawan pada bulan April.

Petunjuk Kontra Ofensif

Baik Rusia dan Ukraina mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi serangan balasan.

Rusia memiliki sekitar 200.000 tentara di sepanjang garis pertempuran sepanjang 1.000 kilometer (620 mil), digali dengan menggunakan jenis taktik perang parit yang sama yang digunakan dalam Perang Dunia I, kata seorang pejabat Barat dengan syarat anonim untuk membahas masalah intelijen.

Pasukan ini tidak terlatih seperti pasukan penyerang awal Rusia, yang memakan banyak korban. Tapi mereka dipertahankan oleh parit, ladang ranjau, dan “gigi naga”, penghalang beton berbentuk segitiga di atas tanah yang menyulitkan tank untuk bergerak.

Sementara itu, Ukraina telah mulai membentuk operasi, seperti menargetkan garis depan Rusia dengan tembakan artileri jarak jauh. Itu mungkin menunjukkan bahwa Ukraina akan mendorong maju di lokasi itu, atau bisa juga umpan untuk menarik perhatian Rusia dari serangan pertama yang sebenarnya direncanakan, kata pejabat itu.

Ketika Ukraina benar-benar mencoba menembus garis itu, baik di area terbatas atau kampanye kompleks yang dilakukan di banyak lokasi, itu akan menjadi indikator kemungkinan serangan telah dimulai, kata Barry dan pejabat Barat.

Barry mengatakan ketika brigade Ukraina mulai menyeberang ke wilayah yang dikuasai Rusia dan mencoba menyerang garis pertama pertahanan Rusia, "saya pikir itu akan menjadi hadiah kematian." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home