Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:13 WIB | Rabu, 16 Desember 2020

FDA Izinkan Tes Covid-19 di Rumah

Komisaris FDA, Dr. Stephen Hahn. (Foto: VOA)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Tidak lama lagi siapa saja bisa melakukan sendiri tes untuk mengetahui ada tidaknya virus corona. Tes COVID-19 untuk pertama kali akan segera tersedia di toko-toko Amerika Serikat dan bisa dibeli bebas tanpa resep dokter.

Pejabat-pejabat Amerika pada Selasa (15/12) mengesahkan tes cepat itu, yang dapat dilakukan sepenuhnya di rumah.

Pengumuman oleh Badan Pangan dan Obat Amerika (FDA) itu merupakan langkah penting lain dalam upaya Amerika memperluas opsi tes.

Keputusan FDA itu memungkinkan alat tes dijual di tempat-tempat seperti toko obat "di mana pasien dapat membelinya, mengusap bagian dalam hidung mereka, melakukan tes dan mengetahui hasilnya hanya dalam 20 menit," ujar Komisaris FDA Stephen Hahn, dalam pernyataan.

Pihak berwenang bulan lalu mengizinkan penggunaan darurat untuk tes serupa, tetapi tes tersebut membutuhkan resep dokter.

Pada tahap awal, ketersediaan alat tes yang dijual bebas itu akan terbatas. Manufaktur alat tes itu di Australia, Ellume, berharap akan memproduksi 3 juta tes bulan depan, dan terus menambah produksi dalam paruh pertama tahun 2021.

Juru bicara perusahaan itu mengatakan alat tes tersebut akan dijual dengan harga sekitar $30 dan tersedia di apotek dan toko online. Tes itu terhubung ke aplikasi digital untuk membantu pengguna mengetahui hasilnya. (VOA)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home