Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 08:37 WIB | Rabu, 26 November 2014

Festival Pembaca Indonesia Dongkrak Dunia Literasi

"Di sinilah mereka bisa berinteraksi dengan pembaca lainnya, penulis, penerjemah, penerbit, dan pelaku dunia literasi lainnya sehingga acara ini bisa menjadi salah satu pendukung kemajuan dunia literasi Indonesia."
Poster Festival Film Indonesia 2014. (Foto: festivalpembacaindonesia.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Festival Pembaca Indonesia 2014, ajang berkumpulnya para pembaca buku akan kembali diselenggarakan oleh Goodreads Indonesia dalam upayanya mendongkrak kemajuan dunia literasi.

Ketua pelaksana Festival Pembaca Indonesia 2014, Harun Harahap mengatakan ingin memberi ruang bagi masyarakat yang memiliki hobi membaca buku untuk saling berinteraksi dan berbagi cerita tentang buku yang telah mereka baca.

“Kami memberikan ruang dan waktu untuk pembaca mengenalkan koleksi buku dan/atau komunitas mereka pada masyarakat. Di sinilah mereka bisa berinteraksi dengan pembaca lainnya, penulis, penerjemah, penerbit, dan pelaku dunia literasi lainnya sehingga acara ini bisa menjadi salah satu pendukung kemajuan dunia literasi Indonesia,” ujarnya kepada satuharapan.com pada Rabu (26/11) pagi.

Festival yang terselenggara karena bantuan berbagai sponsor dan pembaca seluruh Indonesia kali ini menghadirkan konsep yang tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni acara dikemas dalam bentuk festival.

Dalam festival yang akan diselenggarakan pada 6 – 7 Desember mendatang di Museum Nasional di Jakarta Pusat, semua acara akan berlangsung bersamaan dalam waktu yang sama dan di tempat yang berdekatan.

Sedangkan rangkaian acara yang akan dihadirkan ialah pameran koleksi buku, bookswap/bookwar, pojok anak, talkshow, workshop, nonton bareng, amazing race, dan Anugerah Pembaca Indonesia (API). Semua acara ini dikemas dalam satu lokasi sehingga memudahkan mobilisasi pengunjung untuk datang dari satu acara ke acara lain.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengangkat tema “Harmoni Dunia Pembaca”, tahun ini tema yang diangkat ialah “Beading is Happiness”, sedangkan talkshow nantinya akan bertajuk sejarah.  

“Kali ini talkshow lebih bertema sejarah sesuai dengan lokasi festival, yaitu di Museum Nasional,” ujar Harun.

Sementara itu, polling Anugerah Pembaca Indonesia 2014 akan dilangsungkan di situs goodreads.com yang tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan di website festivalpembacaindonesia.com.

Untuk memeriahkan acara, beberapa penulis ternama, salah satunya Ayu Utami akan diundang oleh panitia.

“Setiap tahun kami mengundang penulis baik terlepas mereka dianggap sastrawan ataupun tidak karena menurut kami, setiap penulis mempunyai keunggulan dan atau keunikan masing-masing yang dapat berbagi ilmunya dengan para pembaca,” katanya.

Sekilas Goodreas

Goodreads merupakan situs jejaring sosial para pembaca di seluruh belahan dunia yang memungkinkan seseorang untuk melihat isi rak buku temannya. Situs ini dibentuk pada akhir 2006 oleh Otis Chandler dan sudah mengundang lebih dari 2.000.000 pembaca di seluruh dunia untuk bergabung dan memasukkan sekitar 40.000.000 judul buku ke dalam pusat data Goodreads.

Para pembaca dari Indonesia yang sudah bergabung dengan Goodreads kemudian membentuk grup Goodreads Indonesia (GRI) pada 7 Juni 2007. Di ulang tahunnya yang ketiga, sudah lebih 3.700 pembaca Indonesia bergabung dalam komunitas ini dan lebih dari 8.000 buku berbahasa Indonesia diunggah ke pusat data Goodreads.

Jumlah ini terus bertambah hingga pada 2014 ini, jumlah anggota menjadi 12.000 pembaca dan jumlah buku berbahasa Indonesia yang terdata sudah lebih 9.000 judul.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home