Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:57 WIB | Minggu, 03 Desember 2023

Filipina Resmikan Pangkalan Pengawasan di Laut Cina Selatan

Pulau Thitu, Filipina, yang secara lokal disebut pulau Pag-asa pada hari Jumat, 1 Desember 2023, di Laut Cina Selatan yang disengketakan, terlihat melalui jendela pesawat. Penjaga pantai Filipina meresmikan pangkalan pemantauan baru pada hari Jumat di sebuah pulau terpencil yang diduduki oleh pasukan Filipina di Laut Cina Selatan yang disengketakan ketika Manila meningkatkan upaya untuk melawan tindakan China yang semakin agresif di jalur perairan strategis tersebut. (Foto: AP/Aaron Favila)

PULAU THITU-FILIPINA, SATUHARAPAN.COM-Filipina meresmikan pangkalan pengawasan penjaga pantai baru pada hari Jumat (1/12) di sebuah pulau yang diduduki oleh pasukan Filipina di Laut Cina Selatan yang disengketakan dan berencana untuk memperluas patroli bersama dengan Amerika Serikat dan Australia untuk melawan ancaman China di jalur pelayaranstrategis tersebut, kata seorang pejabat keamanan Filipina.

Pertarungan laut lepas antara kapal-kapal China dan Filipina meningkat tahun ini di perairan yang diperebutkan tersebut, sehingga memicu kekhawatiran akan konflik yang lebih besar yang mungkin melibatkan Amerika Serikat. AS telah berulang kali memperingatkan bahwa mereka wajib membela Filipina, sekutu perjanjian tertua di Asia, jika pasukan Filipina mendapat serangan bersenjata, termasuk di Laut Cina Selatan.

China menuduh AS ikut campur dalam perselisihan Asia dan menyebarkan perselisihan di wilayah tersebut.

Penasihat Keamanan Nasional, Eduardo Ano, dan pejabat Filipina lainnya terbang ke Pulau Thitu dengan pesawat angkatan udara pada hari Jumat (1/12) dan memimpin upacara peresmian pusat dua lantai yang baru dibangun yang akan memiliki radar, pelacakan kapal, dan peralatan pemantauan lainnya untuk memantau tindakan China di wilayah tersebut, perairan yang disengketakan dan permasalahan lainnya, termasuk kecelakaan laut.

“Ini bukan lagi zona abu-abu. Ini murni penindasan,” kata Ano kepada wartawan setelah upacara di pantai, seraya menggambarkan tindakan kapal-kapal China sebagai tindakan yang secara terbuka melanggar hukum internasional.

Karena dianggap kecil dibandingkan kekuatan militer China, Filipina pada tahun ini memutuskan untuk mengizinkan perluasan kehadiran militer AS di kamp-kamp lokalnya berdasarkan pakta pertahanan tahun 2014.  Baru-baru ini juga meluncurkan patroli laut dan udara bersama dengan Amerika Serikat dan Australia sebagai strategi pencegahan baru yang menempatkan kedua kekuatan sekutu tersebut pada jalur yang bertentangan dengan Beijing.

Ano mengatakan patroli gabungan terpisah yang melibatkan AS dan Australia akan terus berlanjut dan dapat diperluas hingga mencakup negara-negara lain seperti Jepang setelah perjanjian keamanan yang dinegosiasikan oleh Tokyo dan Manila tercapai.

“Kami terbuka bagi negara-negara yang berpikiran sama untuk bergabung sebagai pengamat atau peserta,” kata Ano.

China telah memperingatkan bahwa patroli angkatan laut gabungan tersebut tidak boleh merugikan “kedaulatan teritorial serta hak dan kepentingan maritimnya.”

Terlepas dari tindakan balasan Manila, China menegaskan kembali klaimnya atas laut tersebut pada hari Jumat.

Ketika pesawat angkatan udara Filipina yang membawa Ano, penasihat presiden Andres Centino, kepala penjaga pantai Filipina Laksamana Ronnie Gavan dan pejabat lainnya mendekati Thitu, Ano mengatakan pasukan China mengirimkan peringatan radio agar mereka menjauh.

Ano mengatakan para pilot Filipina mengabaikan pesan tersebut dan sebaliknya secara rutin menegaskan hak kedaulatan dan kendali Filipina atas wilayah tersebut.

Setelah mengintip melalui teleskop yang dipasang di pulau itu, Ano mengatakan dia melihat setidaknya 18 kapal yang diduga milik milisi China tersebar di Thitu, termasuk sebuah kapal angkatan laut China.

Penduduk desa mengatakan bahwa mereka sudah terbiasa melihat kapal-kapal China yang mengintai dari jarak jauh dari Thitu, namun ada juga yang mengatakan bahwa mereka terkadang masih dihantui oleh rasa takut akan kedatangan pasukan China di pulau tersebut.

“Saya terkadang berpikir bahwa mereka akan tiba-tiba menerobos masuk ke wilayah kami,” kata Daisy Cojamco, ibu tiga anak berusia 51 tahun yang suaminya bekerja sebagai pegawai pemerintah kota.

Dikelilingi oleh pantai-pantai putih, Pulau Thitu yang berbentuk kecebong disebut Pag-asa,  bahasa Tagalog untuk harapan, oleh sekitar 250 penduduk desa Filipina. Ini adalah salah satu dari sembilan pulau kecil, dan atol yang telah diduduki oleh pasukan Filipina sejak tahun 1970-an di kepulauan Spratlys di Laut Cina Selatan.

Filipina mengklaim wilayah tersebut sebagai miliknya kota lepas pantai paling terpencil, di bawah provinsi pulau barat Palawan. Hal ini mendorong keluarga nelayan untuk pindah ke sana dengan insentif seperti beras gratis, untuk menegaskan kendali mereka atas wilayah yang juga diklaim oleh China dan Vietnam.

Pulau seluas 37 hektare ini kini memiliki koneksi internet dan telepon seluler, pasokan listrik dan air yang lebih stabil, landasan pacu yang baru disemen, dermaga, sekolah dasar, gimnasium, dan bahkan pusat evakuasi jika terjadi topan. Namun, Thitu masih merupakan pemukiman perbatasan yang kecil dibandingkan dengan pulau Subi yang dibangun China, yang berjarak lebih dari 22 kilometer (14 mil).

Subi adalah salah satu dari tujuh terumbu karang yang sebagian besar terendam yang diubah oleh China mulai sekitar satu dekade lalu menjadi gugusan pulau yang dilindungi rudal, tiga di antaranya memiliki landasan pacu kelas militer, sehingga memicu kekhawatiran di antara negara-negara penggugat lainnya di Laut Cina Selatan.

Awal tahun ini, pemerintahan Presiden Ferdinand Marcos Jr. meluncurkan strategi untuk mengungkap provokasi China di Laut Cina Selatan agar tindakan tersebut mendapat lebih banyak perhatian internasional, menurut para pejabat Filipina. Pemerintah melaporkan penggunaan senjata kelas militer oleh penjaga pantai China, laser dan meriam air serta pemblokiran kapal patroli Filipina dan kapal pemasok di dekat perairan dangkal yang disengketakan.

Berbicara di Honolulu, di mana ia bertemu dengan para pemimpin militer AS sekitar dua pekan lalu, Marcos mengatakan situasi di Laut Cina Selatan “menjadi lebih mengerikan” karena China menunjukkan minat pada pulau-pulau atol dan perairan dangkal yang “semakin dekat” ke pantai Filipina.

Namun dia menekankan bahwa Filipina tidak akan menyerah. “Filipina tidak akan memberikan satu inci pun wilayah kami kepada kekuatan asing mana pun,” Marcos memperingatkan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home