Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 15:13 WIB | Jumat, 16 Januari 2015

Film Dokumenter Snowden Raih Nominasi Oscar

Edward Snowden. (Foto: bbc.com)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM - Citizenfour, film dokumenter tentang Edward Snowden, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) yang membocorkan dokumen rahasia tentang aktivitas pengawasan AS, meraih nominasi Oscar pada Kamis (15/1).

Film karya sutradara AS Laura Poitras itu adalah salah satu dari lima finalis untuk penghargaan film dokumenter Academy Awards, nama resmi Penghargaan Oscar, yang akan dibagikan pada 22 Februari.

Produser film pemenang Oscar, Steven Soderberg, menjadi produser eksekutif di film tersebut, yang berkisah tentang cerita bagaimana Snowden mengungkap dokumen rahasia NSA melalui beberapa surat kabar seperti Guardian Inggris dan The Washington Post.

Snowden dicari oleh AS atas tuduhan spionase. Buronan itu diberi suaka di Rusia, tempatnya tinggal selama tiga tahun dan memungkinkannya untuk bepergian ke luar negeri.

Citizenfour akan bersaing dengan film Last Days in Vietnam, The Salt of the Earth, Finding Vivian Maier, dan Virunga, yang diproduksi Netflix.

Poitras, yang sudah terpilih untuk film dokumenter Oscar pada 2007, mengatakan kepada Variety bahwa dia sangat senang dengan nominasi pada Kamis itu.

“Ini adalah film yang sudah pasti sukses karena banyak orang berani mengambil banyak risiko,” kata Poitras.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home