Loading...
BUDAYA
Penulis: Equivalent Pangasi 14:00 WIB | Sabtu, 22 Maret 2014

Film Noah, Kisah Misi Penyelamatan Dunia Melalui Nuh

Film Noah akan tayang di Indonesia pada Jumat, 28 maret 2014. (Foto: smt-media.com)

CANADA, SATUHARAPAN.COM – Film Noah karya Sutradara Darren Aronofsky mengisahkan Nuh, orang yang dipilih Tuhan untuk mengemban suatu misi penyelamatan manusia sebelum banjir besar datang menghancurkan dunia.

Hal yang paling menonjol dari kisah Nuh adalah kisah tentang Sang Pencipta yang merasa menyesal telah menciptakan manusia dan berkehendak untuk menghancurkan umat manusia. Namun di antara manusia yang hendak dimusnahkan itu, Nuh dan keluarganya masuk dalam pengecualian.

Nuh mencoba memperingatkan umat manusia untuk berhenti berbuat dosa agar Tuhan mengampuni kesalahan mereka dan dunia tidak dibinasakan. Alih-alih didengarkan, umatnya justru mengasingkan Nuh beserta keluarganya.

Kekuatan mental dan fisik Nuh benar-benar diuji. Namun dengan iman yang taat, Nuh mampu menjalankan misinya itu, yaitu membangun bahtera. Seperti yang dikisahkan, Nuh akhirnya membawa setiap ciptaan, masing-masing sepasang, ke dalam bahteranya.

Sebelumnya, sutradara Amerika, John Huston telah berhasil menggambarkan Nuh sebagai sosok kebapakan ketika menuntun hewan-hewan yang berpasangan memasuki bahtera seperti dalam film The Bible, 1965. Sosok itu Nuh a la John Huston berbeda dengan Nuh yang diperankan Russel Crowe.

Russel Crowe membawa peran Nuh sebagai sosok petarung, pejuang, dan sesosok pria yang terluka melihat kehancuran tanahnya akibat perbuatan manusia lainnya. Dalam suatu percakapan dengan kakeknya, Metusalah, mereka sependapat bahwa manusia telah merusak dunia yang membuat Tuhan ingin menghancurkan dunia.

Yang menjadi sorotan dan menimbulkan banyak komentar dari film ini adalah adanya sosok Nefilim – malaikat yang jatuh – yang hanya disebutkan sekilas dalam Alkitab. Dalam film ini, Nefilim digambarkan sebagai raksasa yang bertampang seperti batu. Pengisi suara sosok Nefilim di film itu antaranya Nick Nolte, Mark Margolis, dan FrankLangella.

Nefilim dikisahkan datang untuk membantu Nuh mengangkat benda-benda berat dan membangun bahtera. Selain itu, Nefilim juga dikisahkan menginjak dan menjatuhkan gerombolan manusia yang berusaha memanjat bahtera di menit-menit terakhir  banjir datang.

Film yang skenarionya ditulis oleh Aronofsky dan John Logan itu dibintangi oleh Russel Crowe (Nuh), Jennifer Connelly (Naama, istri Nuh), Douglas Booth (Sem, putra Nuh), Logan Lerman (Ham, putra Nuh), Emma Watson (Ila, putri angkat Nuh), dan Ray Winstone (Tubal-Kain).

Berdasarkan data yang dirilis imdb.com, film Noah pertama kali tayang premiere di Mexico City pada Senin (10/3) dan akan resmi tayang di Indonesia pada Jumat, 28 Maret 2014. (wikipedia.com/hollywoodreporter.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home