Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:08 WIB | Senin, 17 April 2023

Diduga Pelaku Kebocoran Dokumen Intelijen, AS Tangkap Jack Teixeira

Foto dari video yang disediakan oleh WCVB-TV, menunjukkan Jack Teixeira, dengan kaus dan celana pendek, ditahan oleh agen taktis bersenjata pada Kamis, 13 April 2023, di Dighton, Mass. (Foto: WCVB-TV via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat menangkap karyawan Air National Guard, Jack Teixeira, pada hari Kamis (13/4) sehubungan dengan transmisi informasi pertahanan rahasia, kata Jaksa Agung AS, Merrick Garland.

"Agen FBI menahan Teixeira sore ini tanpa insiden," kata Garland dalam pernyataan singkat di Departemen Kehakiman.

Sementara itu, Presiden Joe Biden mengatakan pada hari Kamis bahwa penyelidik mendekati sumber kebocoran dokumen intelijen AS yang sangat rahasia, yang diyakini sebagai pelanggaran keamanan paling serius dalam satu dekade.

Departemen Kehakiman membuka penyelidikan kriminal formal pekan lalu setelah masalah tersebut dirujuk oleh Pentagon, yang menilai kerusakan yang diakibatkan oleh pembebasan tersebut.

Beberapa detail bocoran yang paling sensitif konon terkait dengan kemampuan dan kekurangan militer Ukraina, dan informasi tentang sekutu AS termasuk Israel, Korea Selatan, dan Turki.

Reuters telah meninjau lebih dari 50 dokumen, berlabel "Rahasia" dan "Sangat Rahasia", tetapi belum memverifikasi keasliannya secara independen. Jumlah dokumen yang bocor kemungkinan lebih dari 100.

Sejumlah negara mempertanyakan kebenaran beberapa dokumen, termasuk Inggris, yang mengatakan ada "tingkat ketidakakuratan yang serius" dalam informasi tersebut.

Biden, dalam tur tiga hari di Irlandia, mengatakan dia tidak terlalu khawatir dengan kebocoran tersebut. "Ada penyelidikan besar-besaran yang sedang berlangsung, seperti yang Anda tahu, dengan komunitas intelijen dan Departemen Kehakiman, dan mereka semakin dekat tetapi saya tidak punya jawaban," kata Biden kepada wartawan.

"Saya tidak khawatir tentang kebocoran itu, saya khawatir itu terjadi tetapi tidak ada yang terjadi pada saat itu yang saya ketahui."

Orang yang membocorkan dokumen tersebut adalah seorang penggemar senjata berusia 20-an yang bekerja di pangkalan militer, Washington Post melaporkan pada hari Rabu, mengutip sesama anggota grup obrolan online.

Sumber Kebocoran

The Post mendasarkan laporannya, yang tidak menyebutkan nama orang tersebut, pada wawancara dengan dua anggota grup obrolan Discord.

Discord mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa pihaknya bekerja sama dengan penegak hukum.

Reuters tidak dapat memverifikasi rincian laporan tersebut. Garis besarnya, bahwa dokumen tersebut pertama kali dibagikan di server Discord untuk penggemar senjata dan amunisi yang sering bertukar lelucon ofensif, awalnya dilaporkan oleh Bellingcat pekan lalu.

Reuters tidak dapat menemukan anggota server yang sekarang sudah tidak berfungsi, tetapi YouTuber yang berfokus pada senjata militer yang menggunakan nama "Oxide" mengatakan dia yakin beberapa anggota grup mungkin adalah orang yang dia keluarkan dari server Discord miliknya.

Seorang Redditor yang mengaku berhubungan dengan anggota server mengatakan kepada Reuters bahwa ada perebutan untuk menghapus bukti ketika berita kebocoran itu keluar.

Reuters tidak dapat segera menguatkan akun salah satu orang, meskipun keduanya konsisten dengan laporan lain yang diterbitkan di tempat lain.

Beberapa pakar keamanan nasional dan pejabat AS mengatakan mereka menduga pembocor itu mungkin orang Amerika, mengingat luasnya topik yang dicakup oleh dokumen tersebut.

Sejak kebocoran pertama kali terungkap pada bulan Maret, para penyelidik telah mengejar teori mulai dari seseorang yang hanya membagikan dokumen untuk memamerkan pekerjaan yang mereka lakukan hingga mata-mata di dalam komunitas intelijen atau militer AS.

Kebocoran tersebut telah menarik tanggapan dari beberapa pemerintah asing. Pada hari Minggu (9/4), kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memberi label sebagai "berbohong dan tanpa dasar apapun" sebuah dokumen yang menyatakan bahwa badan intelijen Mossad mendorong protes baru-baru ini terhadapnya.

Seorang pejabat kepresidenan Korea Selatan mengatakan pada hari Minggu bahwa negaranya mengetahui laporan tentang dokumen yang bocor dan berencana untuk membahas "masalah yang diangkat" dengan Washington. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home