Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 18:58 WIB | Jumat, 02 September 2016

Forbes: Indonesia di Jalur Ekonomi Tepat

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan), Wapres Jusuf Kalla (kedua kiri) dan Menko Polhukam Wiranto (kiri) berjalan menuju pesawat kepresidenan di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (2/9). Kepala Negara beserta delegasi bertolak menuju Republik Rakyat Cina untuk memulai kunjungan kerja menghadiri KTT G20 di Hangzhou pada 4-5 September. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - CEO Forbes Media dari Amerika Serikat, Steve Forbes, menilai bahwa Indonesia sudah berada pada jalur dan kebijakan ekonomi yang tepat dalam menyikapi persaingan ekonomi global yang semakin ketat.

"Indonesia sudah berada pada jalur yang tepat, salah satunya dengan menghilangkan beberapa hambatan dalam perdagangan (barriers to commerce)," ujar Steve Forbes dalam wawancara khusus dengan kantor berita Antara di Jakarta, hari Jumat (2/9).

Pemerintah Indonesia selama beberapa waktu terakhir memang mulai menurunkan hambatan tarif (tariff barriers) secara bertahap untuk beberapa komoditas untuk menyesuaikan diri dengan era perdagangan bebas.

Indonesia, menurut Steve Forbes, sudah mulai melakukan perubahan-perubahan kebijakan ekonomi yang diperlukan untuk dapat bertahan dan bersaing dalam persaingan ekonomi global.

"Perubahan itu adalah satu alasan mengapa kami memandang ke Indonesia untuk secercah harapan, dimulai dengan adanya kebijakan `tax amnesty` (amnesti pajak)," ujar dia.

Forbes menilai positif kebijakan "tax amnesty" yang diberlakukan pemerintah Indonesia.

Namun, dia juga berharap agar pemerintah Indonesia dapat melakukan terobosan atau perubahan lainnya, misalnya, dengan kebijakan untuk mulai mengurangi persentase pajak yang dikenakan pada perusahaan (corporate tax).

"Ada alasan penting bahwa kita harus mematahkan pola pikir lama yang ada di balik semua ini. Evaluasi kebijakan diperlukan untuk mengubah kebijakan agar sesuai dengan perkembangan ekonomi global," tuturnya.

Evaluasi kebijakan itu, menurut Forbes, sangat diperlukan untuk melakukan perubahan dan terobosan yang diperlukan Indonesia dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Evaluasi kebijakan itu harus sehingga Indonesia mampu membuat terobosan dengan populasi yang ada. Bila hal itu berhasil, maka itu akan menjadi suatu model yang sangat baik dari sebuah kemajuan," jelas dia.

Sebelumnya, Presiden Indonesia Joko Widodo telah menyatakan komitmen untuk mengurangi hambatan investasi secara signifikan guna menarik masuk investasi asing.

Jokowi bertekad untuk melakukan perampingan birokrasi untuk memacu masuknya investasi asing dan memperbaiki infrastruktur di Indonesia.

"APBN kita sangat terbatas. Jadi kita perlu investasi, kita perlu investor, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk membangun pelabuhan, untuk membangun bandara," kata Presiden Jokowi.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home