Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 06:50 WIB | Selasa, 06 September 2016

G20 Dirikan Forum untuk Atasi Kelebihan Pasokan Dunia

Ilustrasi. Presiden AS Barack Obama (kanan), Presiden Tiongkok Xi Jinping (tengah) dan Sekjen PBB Ban Ki Moon (kiri). (Foto: AFP)

HANGZHOU, SATUHARAPAN.COM - Negara anggota G20 akan mendirikan forum global untuk memerangi kelebihan pasokan industri dunia, kata seorang diplomat Uni Eropa (UE) pada Senin (5/9) dalam sebuah konferensi tingkat tinggi (KTT) di Tiongkok.

Komunike akhir akan mengatakan bahwa “langkah-langkah seperti pemberian subsisi merupakan akar penyebab kekacauan pasar” dan sebuah forum akan dibentuk “untuk memantau proses” pengurangan kelebihan kapasitas, kata pejabat itu kepada AFP.

Tuan rumah KTT G20 Tiongkok memproduksi setengah dari baja dunia dan dituduh melakukan dumping di pasar global oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Anjloknya harga logam mengakibatkan industri terjerumus dalam kekacauan.

Namun, perusahaan Tiongkok juga menderita kerugian akibat rendahnya harga baja, dan Beijing berulang kali berjanji akan mengurangi kelebihan kapasitas di negara tersebut.

Tiongkok tidak akan dicantumkan dalam dokumen akhir, ucap diplomat itu, dan sudah berkomitmen untuk berpartisipasi dalam forum itu.

“Setengah dari anggota menginginkan komitmen nyata,” imbuhnya.

“Sekarang, tentu saja kita harus melaksanakan dan menindaklanjutinya,” kata pejabat itu. “Secara politik ini merupakan langkah penting.” (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home