Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 14:30 WIB | Senin, 05 September 2016

Jokowi Minta G20 Sinergikan Kebijakan Ekonomi Global

Presiden Joko Widodo saat menjadi pembicara utama dalam forum bisnis yang digelar di Hotel Shangri-La Jing'an, Shanghai, Tiongkok, pada hari Sabtu (3/9). (Foto-foto: Dok. BPMI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo meminta agar negara-negara anggota G 20 bekerja sama menyinergikan kebijakan fiskal, monter dan reformasi struktural dalam rangka perbaikan ekonomi dunia

“G20 harus meningkatkan komunikasinya dan menghindari kebijakan ekonomi yang menciptakan dampak negatif, kata dia dalam,” jelas dia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hangzhou International Expo Center (HIEC), Tiongkok pada hari Minggu (4/9).

Selain itu, ia juga berharap, G20 dapat menghindari kebijakan ekonomi yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi sesama anggota.

"Setiap kebijakan ekonomi harus memiliki agenda pertumbuhan yang solid dan inklusif,” kata dia 

Dia juga menyampaikan, bahwa perekonomian Indonesia saat ini diarahkan untuk lebih terbuka dan kompetitif. Tumbuh lebih tinggi dibanding rata-rata pertumbuhan ekonomi negara G20 dan perekonomian Indonesia diharapkan mampu memberikan peran besar bagi perkembangan ekonomi global. 

“Indonesia berkomitmen untuk menjaga ekonominya terbuka dan kompetitif. Saya juga akan terus mempertahankan ekonomi yang inklusif,” kata dia.

Indonesia sendiri, kata dia fokus untuk melakukan akselerasi pembangunan infrastruktur. Untuk menyukseskan program tersebut, Indonesia mengundang negara-negara anggota G20 lainnya untuk bekerja sama membangun infrastruktur Indonesia. 

“Saat ini Indonesia sedang berfokus pada percepatan pembangunan infrastruktur. Kami juga menyambut kerja sama dalam pembangunan infrastruktur dengan negara-negara G20 lainnya,” kata dia. (kemenkeu.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home