Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 14:40 WIB | Sabtu, 30 November 2013

Gay Rentan Terinfeksi HIV, ODHA di Jakarta Naik

Forum ICAAP (International Congress on AIDS in Asia and the Pacific) ke-11 di Bangkok. (Foto: ABC)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM – Laki-laki yang berhubungan seks dengan sesama laki-laki diidentifikasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai kelompok yang rentan terjangkit HIV/AIDS di Asia Pasifik, khususnya di kawasan perkotaan. Rentan, karena tidak mengindahkan seks aman.

Dalam forum Kongres Internasional AIDS di Asia dan Pasifik atau ICAAP/International Congress on AIDS in Asia and the Pacific ke-11 di Bangkok, pada pekan lalu, seorang peserta dari APCOM Bangkok, Midnight Poonkasetwattana, menjelaskan infeksi HIV di Bangkok mencapai 25 persen, termasuk di kalangan gay.

Menurut Midnight Poonkasetwattana, hal itu disebabkan karena pesan tentang seks yang aman tidak sampai kepada kelompok tersebut. Forum ICAAP ke-11 mendorong pemerintah di kawasan Asia Pasifik untuk bertindak mengatasi HIV dan penyebarannya.

Asia Pasifik Tak Alami Penurunan

Sementara itu, dalam forum itu terungkap bahwa infeksi HIV mengalami penurunan lebih 50 persen di sejumlah negara, namun jumlahnya di kawasan tersebut tidak banyak mengalami penurunan dalam lima tahun terakhir. Sedangkan tingkat penderita HIV atau ODHA justru meningkatkan di enam negara, China, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Thailand dan Vietnam, dan khususnya tinggi di kota seperti Bangkok, Hanoi dan Jakarta.

ODHA adalah sebutan untuk orang-orang yang telah mengidap HIV/AIDS. Mereka yang berisiko termasuk para pengguna narkoba suntik, pekerja seks, laki-laki yang berhubungan seks dengan sesama laki-laki.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home