Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 20:18 WIB | Kamis, 07 November 2013

HIV Meningkat di Timur Tengah dan Afrika Utara

Peta Afrika Utara dan Timur Tengah. (Sumber dwplondonmedia.wordpress.com)

SATUHARAPAN.COM – Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara menjadi salah satu dari dua daerah di dunia dengan tingkat infeksi HIV yang terus meningkat.

Pada tahun 2012, 347 ribu orang di wilayah itu hidup dengan HIV. Peningkatan di atas 127 persen dari jumlah yang hidup dengan penyakit ini 11 tahun sebelumnya. Demikian laporan Organisasi Kesehatan Dunia WHO dan Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS UNAIDS.

Pengujian dan pelayanan pengobatan untuk HIVtelah  tersedia di wilayah itu. Tetapi kurangnya kesadaran penyakit, serta ketakutan akan diskriminasi sosial sering membuat orang menghentikan diagnosa. Hal ini mengakibatkan sekitar 80 persen orang yang hidup dengan HIV di wilayah ini tidak menyadari dirinya pembawa penyakit itu.

Direktur Regional WHO untuk Mediterania Timur Ala Alwan mengatakan bahwa pengobatan merupakan hal mendasar bagi pemberantasan penyakit ini.

"Pengobatan adalah hal fundamental untuk mencapai generasi bebas AIDS, selain untuk mengurangi kematian dan penyakit, pengobatan HIV juga mengurangi penularan. Kita tidak bisa membiarkan kesempatan ini tidak berguna. Kita harus berbuat lebih banyak untuk menghimpun pusat pelayanan kesehatan swasta dan masyarakat untuk menunjuang perawatan, "katanya. (Gulf News)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home