Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:57 WIB | Sabtu, 25 November 2023

Geert Wilders, Politisi Belanda Anti Islam Memenangi Pemilu, Siapa Dia?

Ada tantangan berat bagi Wilders dan partainya untuk membentuk kabinet.
Pemimpin Partai untuk Kebebasan (PVV) Belanda, Geert Wilders, menghadiri pertemuan dengan para pemimpin partai di Dewan Perwakilan Rakyat di Den Haag, pada 24 November 2023. (Foto: AFP)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Dia dijuluki Donald Trump dari Belanda. Dia telah diancam akan dibunuh berkali-kali oleh ekstremis Islam, dihukum karena menghina warga Maroko, dan Inggris pernah melarangnya memasuki negara tersebut.

Kini Geert Wilders, politisi Belanda yang dikenal anti Islam, telah meraih kemenangan besar dalam pemilihan umum Belanda dan berada di posisi terdepan untuk membentuk koalisi pemerintahan berikutnya dan mungkin menjadi perdana menteri Belanda berikutnya.

Sebuah jajak pendapat yang menunjukkan kemenangan besarnya tampaknya mengejutkan Wilders, veteran politik berusia 60 tahun.

Dalam reaksi pertamanya, yang diposting dalam sebuah video di X, sebelumnya Twitter, dia merentangkan tangannya lebar-lebar, meletakkan wajahnya di tangannya dan hanya berkata “35!”,  jumlah kursi yang diperkirakan diperoleh oleh Partai untuk Kebebasan, atau PVV, berdasarkan jajak pendapat di majelis rendah parlemen yang memiliki 150 kursi. Namun pada hari Sabtu disebutkan 37 kursi yang diperolehnya.

Wilders, dengan lidahnya yang berapi-api, telah lama menjadi salah satu anggota parlemen Belanda paling terkenal di dalam dan luar negeri. Kebijakan populisnya dan keterkejutannya terhadap rambut pirang peroksida telah menarik banyak perbandingan dengan Trump.

Namun, tidak seperti Trump, ia tampaknya ditakdirkan untuk menghabiskan hidupnya dalam oposisi politik.

Satu-satunya saat Wilders nyaris memerintah adalah ketika ia mendukung koalisi pertama yang dibentuk oleh Perdana Menteri Mark Rutte pada tahun 2010. Namun Wilders tidak secara resmi bergabung dengan pemerintahan minoritas dan menjatuhkannya setelah hanya 18 bulan menjabat karena perselisihan mengenai langkah-langkah penghematan. Sejak itu, partai-partai arus utama menjauhinya.

 “PVV ingin, dari posisi yang fantastis dengan 35 kursi yang tidak dapat lagi diabaikan oleh partai mana pun, bekerja sama dengan partai lain,” katanya kepada para pendukungnya yang bersorak pada perayaan pemilu di sebuah bar kecil di pinggiran kota kelas pekerja Den Haag.

Masih harus dilihat apakah ia dapat membentuk koalisi yang stabil dengan mantan musuh politiknya.

Selain mengasingkan politisi arus utama, retorika anti Islamnya yang berapi-api juga menjadikannya sasaran para ekstremis dan membuatnya hidup di bawah perlindungan sepanjang waktu selama bertahun-tahun. Dia muncul di pengadilan sebagai korban ancaman pembunuhan, dan bersumpah tidak akan pernah dibungkam.

Saat memberikan suara pada hari Rabu di Balai Kota Den Haag, Wilders diapit oleh penjaga keamanan bertubuh kekar yang memindai ruang besar untuk mencari kemungkinan ancaman. Dia telah berpindah dari satu rumah persembunyian ke rumah persembunyian lainnya selama hampir dua dekade.

Pada tahun 2009, pemerintah Inggris menolak mengizinkannya mengunjungi negara tersebut, dengan alasan bahwa ia merupakan ancaman terhadap “keharmonisan masyarakat dan juga keamanan publik.” Wilders diundang ke Inggris oleh anggota majelis tinggi Parlemen, House of Lords, untuk memutar film berdurasi 15 menit “Fitna,” yang mengkritik Al Quran sebagai “buku fasis.” Film ini memicu protes kekerasan di seluruh dunia Muslim pada tahun 2008 karena menghubungkan ayat-ayat Al Quran dengan rekaman serangan teroris.

Untuk merayu pemilih arus utama kali ini, Wilders melunakkan retorika anti Islam dan berusaha untuk tidak terlalu fokus pada apa yang disebutnya “de-Islamisasi” di Belanda dan lebih fokus pada penanganan isu-isu penting seperti kekurangan perumahan, krisis biaya, krisis kehidupan dan akses terhadap layanan kesehatan yang baik.

Meski begitu, platform kampanyenya menyerukan referendum mengenai keluarnya Belanda dari Uni Eropa, “perhentian suaka” dan “tidak ada sekolah Islam, Al Quran dan masjid,” meskipun pada hari Rabu (22/11) malam ia berjanji tidak akan melanggar hukum Belanda atau konstitusi negara yang menjunjung kebebasan agama dan berekspresi.

Wilders akan menjadi anggota parlemen yang paling lama menjabat di Parlemen Belanda pada akhir tahun ini. Dia telah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat sejak tahun 1998, pertama untuk Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi yang berhaluan kanan-tengah, di mana dia membimbing Rutte muda sebelum mundur dari partai tersebut dan mendirikan Partai untuk Kebebasan.

Dia menunjukkan sisi lembutnya pada Rabu malam dengan berterima kasih kepada istrinya, Krisztina, kelahiran Hongaria, atas dukungannya.

Ia juga merupakan pendukung setia Israel dan menganjurkan pemindahan Kedutaan Besar Belanda di sana ke Yerusalem dan menutup pos diplomatik Belanda di Ramallah, markas Otoritas Palestina.

Wilders dikenal karena politik garis kerasnya, tetapi juga karena kalimatnya yang cerdas. Dan hewan peliharaannya. Hadalah dua ekor kucing, Snoetje dan Pluisje, yang memiliki akun sendiri di X, sebelumnya Twitter, dengan hampir 23.000 pengikut.

Tantangan Membangun Pemerintahan

Tugas berat penghasut Belanda Geert Wilders dalam membentuk pemerintahan menjadi semakin sulit pada hari Jumat, ketika ketua partai yang berkuasa segera menolak perannya dalam kabinet. Impian Wilders untuk memimpin koalisi sayap kanan sebagai perdana menteri mendapat pukulan besar ketika VVD liberal yang dipimpin oleh Mark Rutte menolak untuk bergabung dengannya.

Perhitungan pemilu yang rumit di Belanda membuat Wilders membutuhkan dukungan dari setidaknya tiga partai lain untuk membangun koalisi yang stabil menyusul kemenangan menakjubkannya.

Dengan 37 kursi parlemen yang sudah diperoleh, perjalanan Wilders masih panjang untuk mencapai 76 kursi ajaib yang diperlukan untuk koalisi yang stabil.

Hampir dipastikan mendapatkan tujuh kursi dari partai petani BBB, Wilders masih perlu meyakinkan Partai Kontrak Sosial Baru yang pro reformasi, yang dipimpin oleh pelapor Pieter Omtzigt, untuk memberinya 20 kursi.

Bahkan jika Wilders mendapatkan Omtzigt, dia masih membutuhkan VVD dan 24 kursinya. Pemimpin VVD, Dilan Yesilgoz, yang masih belum pulih dari kekalahan dalam pemilu setelah 13 tahun kepemimpinan Rutte yang dilanda skandal, mengatakan para pemilih telah menyampaikan pesan yang jelas.

“Pemenang besarnya adalah PVV dan NSC. Setelah 13 tahun, kita ditakdirkan untuk peran yang berbeda. Para pemilih berkata: ‘VVD, duduklah di sini’,” kata Yesilgoz kepada wartawan. Namun secara samar-samar, dia mengatakan bahwa dia akan “mendukung” Kabinet yang berhaluan tengah-kanan, meningkatkan kemungkinan VVD memilih pemerintahan minoritas berdasarkan kasus per kasus.

Jadi, pertanyaannya adalah, dapatkah Wilders menjadi perdana menteri Belanda, mengingat komentar-komentar yang menghasut di masa lalu, termasuk menyebut warga Maroko sebagai “sampah” dan membuat massa menyerukan “lebih sedikit, lebih sedikit” dari mereka di negara ini?

“Dengan Wilders sebagai perdana menteri, Belanda menghadapi situasi yang mustahil secara internasional,” kata Sarah de Lange, Profesor Pluralisme Politik di Universitas Amsterdam.

Dia bahkan bisa membayangkan koalisi yang dipimpin PVV menunjuk orang luar sebagai perdana menteri, sehingga Wilders harus fokus mengendalikan jumlah anggota parlemennya yang semakin banyak.

Wilders mengurangi retorika anti Islam dan anti imigrannya yang berlebihan selama kampanye, namun manifesto PVV menyerukan pelarangan masjid dan Al Qur’an, ditambah referendum untuk meninggalkan UE. (AP/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home