Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 17:04 WIB | Rabu, 18 Oktober 2023

Buntut Pembakaran Al Quran, Swedia Naikkan Kewaspadaan Teror

Seorang berlari melewati kendaraan yang terbakar dan spanduk bertuliskan “No to Quran Burning. Don’t abuse freedom of expression” di Ramel vag, Milmo, Swedia pada Senin, 24 Septermebr 2023. (Foto: Johan Nilsson/TT News Agency via AP)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM-Pembunuhan dua warga negara Swedia dalam serangan menjelang pertandingan sepak bola di Brussels, Belgia telah mengejutkan negara Skandinavia tersebut, meskipun pemerintah telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa warga Swedia menghadapi risiko lebih besar sejak serangkaian penodaan publik baru-baru ini terhadap kitab suci umat Islam, Al Quran, oleh beberapa aktivis anti Islam di negara tersebut.

Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, pada hari Selasa (17/10) mencatat bahwa pemerintah dan dinas keamanan pada bulan Agustus telah meningkatkan kewaspadaan teror ke tingkat tertinggi kedua menyusul ancaman terhadap Swedia oleh ekstremis Islam. “Sekarang kami tahu dengan sangat jelas bahwa ada alasan untuk kekhawatiran tersebut,” katanya.

Penodaan tersebut, terutama dilakukan oleh seorang pengungsi Irak yang tinggal di Swedia, telah memicu reaksi kemarahan di negara-negara Muslim. Pada bulan Juni, demonstran di Irak menyerbu Kedutaan Besar Swedia dan pemerintah Irak memutuskan hubungan diplomatik dengan Swedia.

Penodaan tersebut telah menimbulkan pertanyaan, termasuk di Swedia, tentang mengapa tindakan seperti itu diperbolehkan.

Apa Kata Otoritas Swedia?

Para pejabat Swedia telah berulang kali mengecam penodaan tersebut dan mengatakan bahwa tindakan tersebut diperbolehkan dalam kebebasan berpendapat. Pemerintah sedang menyelidiki apakah akan memberikan wewenang lebih besar kepada polisi untuk menghentikan tindakan semacam itu atas dasar keamanan.

“Tidak semua hal yang legal itu pantas,” kata Kristersson, hari Selasa (17/10). “Apa yang Anda lakukan di Swedia dapat berdampak di tempat lain.”

Pada bulan Agustus, Swedia meningkatkan kewaspadaan terornya ke tingkat tertinggi kedua untuk pertama kalinya sejak tahun 2016 menyusul pembakaran Al Quran dan ancaman dari kelompok militan.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, Dinas Keamanan Swedia, yang dikenal sebagai SÄPO, mengatakan situasinya “serius” dan pihaknya “bekerja sama dengan pihak berwenang Belgia.”

Kristersson mengatakan dia telah diberitahu oleh Belgia bahwa pelaku “telah tinggal di Swedia tetapi tidak diketahui oleh polisi Swedia.” Zona bebas paspor Uni Eropa memungkinkan dia melakukan perjalanan ke Swedia.

“Kami memiliki keterbukaan di Eropa, yang merupakan salah satu alasan penting mengapa kami perlu mengawasi perbatasan luar UE, karena jika tidak, orang dapat dengan mudah berpindah antar negara Eropa,” kata Kristersson.

Apakah Hukum Swedia Mengizinkan Diskresi Tersebut?

Di Swedia, tidak ada undang-undang yang secara khusus melarang penodaan Al Quran atau teks agama lainnya. Hak untuk mengadakan demonstrasi publik dilindungi oleh Konstitusi Swedia. Polisi umumnya memberikan izin berdasarkan keyakinan mereka bahwa pertemuan publik dapat diadakan tanpa gangguan besar atau risiko terhadap keselamatan publik.

Banyak orang di Swedia mengatakan bahwa mengkritik agama, bahkan dengan cara yang dianggap ofensif bagi umat beriman, harus diperbolehkan dan bahwa Swedia harus menolak tekanan untuk menerapkan kembali undang-undang penodaan agama yang telah ditinggalkan beberapa dekade lalu di negara yang mayoritas penduduknya beragama Lutheran namun sangat sekuler.

Apakah Ada Serangan di Wilayah Swedia?

Swedia, yang dahulu terisolasi dari kekerasan militan, telah mengalami serangan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tanggal 7 April 2017, Rakmat Akilov, seorang pria Uzbekistan yang mengatakan ingin menghukum Swedia karena bergabung dalam koalisi melawan kelompok ISIS (Negara Isalam Irak dan Suriah), mengendarai truk curian ke kerumunan di Stockholm, menewaskan lima orang dan melukai 14 lainnya. Dia dihukum karena pembunuhan terkait teror dan dijatuhi hukuman seumur hidup.

Pria lainnya, Taimour Abdulwahab, meledakkan dirinya di kawasan yang sama pada bulan Desember 2010 ketika kawasan tersebut dipenuhi pembeli di pasar Natal, menewaskan dirinya sendiri dan melukai dua orang.

Gambar Nabi Muhammad tahun 2007 karya kartunis Swedia, Lars Vilks, menimbulkan ketegangan. Pada Mei 2011, Vilks diserang saat g menyampaikan pidato di Uppsala, dan para pengacau gagal mencoba membakar rumahnya di Swedia selatan.

Apa Yang Dilakukan Swedia untuk Lindungi Diri dan Warganya?

Kementerian Luar Negeri Swedia mendesak warga negara Swedia di luar negeri untuk meningkatkan kewaspadaan dan kewaspadaan serta memperhatikan saran dari otoritas setempat setelah serangan di Brussels.

Pada saat yang sama, Kristersson mengatakan dia tidak ingin orang Swedia di seluruh dunia menyembunyikan kewarganegaraan mereka atau menghindari mengenakan seragam tim nasional dengan warna bendera Swedia.

“Saya pikir semua orang merasakan hal yang sama, bahwa orang Swedia harus selalu bisa dengan bangga berjalan-jalan dengan bendera Swedia di kerahnya atau mengenakan kemeja biru dan kuning,” katanya. “Itulah cara hidup kami, bangga dengan negara kami, nilai-nilai kami, dan kebebasan kami.”

Pemerintahan Kristersson yang beraliran kanan-tengah mengambil alih kekuasaan tahun lalu dengan janji untuk bersikap keras terhadap kejahatan dan membatasi imigrasi.

Dia mengatakan informasi yang menunjukkan tersangka pria bersenjata itu tinggal secara ilegal di Belgia menggarisbawahi perlunya mencari dan mengusir warga negara asing yang tetap berada di negara-negara Uni Eropa tanpa izin.

“Kehidupan dan kepentingan Swedia berada dalam ancaman. Ini adalah waktu untuk keamanan yang lebih besar dan kewaspadaan yang lebih besar. Kita tidak bisa naif begitu saja,” katanya. “Baik Swedia dan UE harus memiliki kontrol yang lebih baik terhadap perbatasan kami. Orang yang membahayakan orang lain yang bukan warga negara Swedia harus segera meninggalkan Swedia.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home