Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:38 WIB | Rabu, 04 September 2013

Gempa Berkekuatan 6,5 di Samudera Pasifik, Tenggara Jepang

JEPANG, SATUHARAPAN.COM - Sebuah gempa  berkekuatan 6,5 skala Richter hari Rabu (4/9) pukul 07.18 mengguncang kawasan di Samudera Pasifik di dekat Pulau Izu, di tenggara Jepang  dan tercatat oleh badan geologi Amerika Serikat

Pusat gempa itu terletak sekitar 600 kilometer (373 mil) di selatan Tokyo pada kedalaman 400 kilometer (hampir 250 mil), sebagaimana disebutkan oleh United State Geological Services.

Namun tidak ada laporan mengenai korban atau kerusakan infrastruktur dan badan meteorologi tidak mengeluarkan peringatan tsunami. Getaran gempa dirasakan di beberapa prefektur di Jepang, termasuk di Fukushima.

Tokyo Electric Power Company (TEPCO), yang mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima, mengatakan pabrik itu tidak terpengaruh oleh gempa.

Pada Maret 2011, Jepang dilanda gempa besar berkekuatan 9,0 SR dan tsunami, menyebabkan lebih dari 15.000 jiwa meninggal dan menyebabkan sejumlah ledakan di PLTN Fukushima.

Kerusakan di pembangkit listrik tenaga nuklir itu disebutkan sebagai Dalam bencana nuklir terburuk di dunia setelah Chernobyl. Tiga reaktor di pabrik  itu mengalami krisis dan menyebabkan kebocoran radioaktif ke atmosfer, tanah dan air laut. (ria.ru)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home