Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:09 WIB | Jumat, 16 Agustus 2013

Gempa berkekuatan 6,8 SR Melanda Selandia Baru

WELLINGTON. SATUHARAPAN.COM - Gempa bumi dengan kekuatan 6,8 SKALA Richter menggucang wilayah selatan ibu kota Selandia Baru, Wellington, Jumat (16/8) pukkul 14.30 waktu setempat dan menimbulkan kepanikan warga.

Gempa  terjadi di dekat ujung utara Pulau Selatan, pada kedalaman sekitar 10 kilometer, menurut Geonet, sebuah lembaga pelayanan monitoring gempa Selandia baru yang awalnya memperkirakan gempa berkekuatan 6,0.

Sementara itu, otoritas kebakaran mengatakan terlalu dini untuk menilai dampak yang terjadi. Disebutkan ada beberapa laporan tentang kerusakan bagunan akibat pusat gempa yang dangkal ini, termasuk barang-barang berjatuhan dari rak-rak toko.

Disebutkan bahwa layanan udara dan kereta api dihentikan sementara dan pejabat memeriksa rel kereta serta landasan pacu untuk mengecek ada tidaknya kerusakan. Selain itu, ada juga pemadaman listrik  yang luas di bagian utara Pulau Selatan itu.

Namun laporan lain menyebutkan ada jembatan yang rusak di Seddon, beberapa rumah rusak parah, cerobong asap dan atap runtuh. Namun tidak diosebutkan ada kerusakan yang besar.

Tidak ada ancaman tsunami akibat gempa tersebut seperti disampaikan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.(abcnews.go.com / aljazeera.com)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home