Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 12:30 WIB | Jumat, 16 Agustus 2013

Olinguito, Spesies Baru Mamalia Karnivora

Olinguito, Spesies Baru Mamalia Karnivora
Oliguito, spesies baru mamalia karnivora. (Foto-foto: bbc.co.uk)
Olinguito, Spesies Baru Mamalia Karnivora
Olinguito yang diawetkan di Institute Smithsonian.

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Ilmuwan di Amerika Serikat telah menemukan hewan baru yang masih hidup di hutan awan, hutan perawan yang selalu diliputi awan, di Kolombia dan Ekuador.

Spesies ini dinamai olinguito, merupakan spesies baru pertama karnivora yang akan diidentifikasi di belahan bumi Barat dalam 35 tahun terakhir. Setelah  satu dekade mengidentifikasi mamalia, para ilmuwan mengatakan ini adalah penemuan sangat langka di abad ke-21.

Penelitian dimulai ketika pakar zoologi, Kristofer Helgen, menemukan beberapa tulang dan kulit binatang dalam penyimpanan di sebuah museum di Chicago. “Itu saya memutuskan untuk terus menelitinya," katanya kepada BBC News. "Kulit-kulit itu berwarna merah kaya. Dan, ketika saya melihat tengkorak mereka, anatominya tidak dikenali. Itu berbeda dengan binatang serupa yang saya lihat. Dan, segera saya pikir itu bisa menjadi spesies baru bagi ilmu pengetahuan."

“Olinguito adalah karnivora, keluarga mamalia yang mencakup kucing, anjing, dan beruang dan kerabatnya.  Banyak dari kita percaya spesies sejenis tidak bakal ditemukan lagi, tapi ini adalah karnivora baru – yang pertama ditemukan di benua Amerika selama lebih dari tiga dekade,” kata Dr. Helgen, kurator mamalia untuk  National Museum of Natural History di Washington DC.

Dr Helgen telah menggunakan koleksi mamalia tersebut untuk mengidentifikasi banyak spesies baru lainnya, termasuk kelelawar terbesar di dunia dan bandicoot terkecil di dunia. Namun dia mengatakan olinguito adalah penemuan yang paling signifikan. Nama ilmiah adalah Bassaricyon Neblina. Karnivora terakhir yang diidentifikasi di Amerika adalah Musang Kolombia.

Olinguito kini diketahui menghuni sejumlah kawasan hutan lindung dari Kolombia Tengah hingga Ekuador Barat. Meskipun karnivora, ia makanan utamanya adalah buah, keluar pada malam hari dan hidup soliter, menghasilkan hanya satu bayi pada satu waktu.

Fakta Singkat Olinguito (Bassaricyon Neblina)

  • Hewan terkecil anggota famili raccoons (Procyonidae).
  • Panjang tubuh 35cm, panjang ekor 33-39 cm dan beratnya satu kilogram.
  • Jantan dan betina dari spesies Bassaricyon Neblina serupa dalam ukuran.
  • Santapan utamanya adalah buah-buahan, tetapi juga mengkonsumsi serangga dan nectar.
  • Hewan soliter dan nokturnal yang menghabiskan waktu di dahan-dahan pohon-pohon.
  • Olinguito betina hanya membesarkan satu bayi pada satu waktu.
  • Hanya ditemukan di hutan awan Andes Utara di Ekuador dan Kolombia, pada daerah-daerah tinggi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home