Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:28 WIB | Senin, 16 Juni 2014

Gempa Beruntun Hantam Pesisir Timur Jepang

Gelombang tsunami di Jepang Tahun 2011. (Foto: Antara)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM  - Dua gempa berkekuatan sedang mengguncang pesisir timur Jepang dekat Fukushima pada Senin  (16/6), ungkap Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Namun otoritas mengatakan tidak ada risiko langsung terhadap pembangkit listrik yang sebelumnya terkena dampak tsunami itu.

Titik pusat gempa pertama yang berkekuatan 5,7 skala Richter (SR) terletak sekitar 91 kilometer lepas pantai Honshu, pulau terbesar dan terpadat di Jepang, di kedalaman 22 kilometer sesaat setelah pukul 03:00 pagi waktu setempat (1800 GMT pada Minggu (15/6).

Gempa kedua terjadi dua jam berikutnya berkekuatan 5,6 SR dan berada lebih dekat dengan pantai pada kedalaman 39 kilometer.  Kota terdekat dari pusat gempa di antaranya Iwaki, Kitaibaraki, Namie dan Hitachi, ungkap USGS.

Garis pantai yang sama dihantam gempa dan tsunami pada 2011 yang menewaskan lebih dari 18.000 orang dan memicu kebocoran nuklir di pembangkit listrik Fukushima  kecelakaan nuklir terburuk di dunia dalam satu generasi.

Tokyo Electric Power Company (Tepco), yang menjalankan pembangkit Fukushima itu, mengatakan dalam sebuah email bahwa pihaknya tidak menemukan keganjilan di situsnya menyusul gempa tersebut. Dua pembangkit lainnya dikawasan itu juga dilaporkan tidak mengalami masalah.

Kereta terus beroperasi secara normal dan tidak ada kerusakan atau korban cedera yang dilaporkan, lapor lembaga penyiaran NHK. (AFP/Ant) 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home