Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:27 WIB | Rabu, 09 November 2022

Gempa Bumi 6,6 Guncang Nepal, Enam Tewas

Peta lokasi pusat gempa di Nepal. (Foto: Reuters)

KATHMANDU, SATUHARAPAN.COM-Gempa berkekuatan 6,6 melanda Nepal pada hari Rabu (9/11) pagi, menewaskan sedikitnya enam orang dan menghancurkan beberapa rumah di distrik barat Doti, dekat dengan kota-kota padat penduduk, kata para pejabat.

Lima orang lainnya terluka parah ketika delapan rumah runtuh, kata Bhola Bhatta, wakil inspektur polisi di Doti, membenarkan angka sebelumnya yang dibagikan oleh pejabat kementerian dalam negeri Tulsi Rijal.

Nepal masih membangun kembali setelah dua gempa bumi besar pada tahun 2015 menewaskan hampir 9.000 orang, menghancurkan seluruh kota dan kuil-kuil berusia berabad-abad dan menyebabkan pukulan sebesar US$6 miliar terhadap ekonomi.

Narayan Silwal, juru bicara tentara Nepal, mengatakan tim penyelamat darat telah dikerahkan ke lokasi dan dua helikopter bersiaga di dekat kota Surkhet dan Nepalgunj.

Pusat seismologi Nepal mencatat gempa pada magnitudo 6,6. Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) memperkirakan gempa berkekuatan 5,6 SR.

Gempa itu berpusat sekitar 158 kilometer timur laut Pilibhit, sebuah kota terpadat di negara bagian Uttar Pradesh, India, dan terjadi pada kedalaman 10 kilometer, tambah EMSC.

Laporan media setelah gempa menunjukkan getaran juga dirasakan di ibu kota India, New Delhi, dan daerah sekitarnya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home