Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 06:34 WIB | Sabtu, 11 Februari 2023

Gereja Inggris Izinkan Pemberkatan untuk Pasangan Sesama Jenis

Namun tetap melarang gereja menikahkan pasangan yang sama.
Uskup Agung York, Stephen Cottrell, kiri dan Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, berkumpul di Sinode Umum Gereja Inggris, di Gedung Gereja untuk mempertimbangkan mosi yang mengulas kegagalan gereja "untuk menyambut orang-orang LGBTQI+" dan kerugian yang mereka hadapi dan masih alami, di London, hari Kamis, 9 Februari 2023. (Foto: James Manning/PA via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Majelis nasional Gereja Inggris pada hari Kamis (9/2) memilih untuk mengizinkan para imam memberkati pernikahan sesama jenis dan kemitraan sipil, sambil terus melarang pernikahan gereja untuk pasangan yang sama.

Para uskup mengusulkan langkah kompromi setelah lima tahun berdiskusi tentang posisi gereja tentang seksualitas. Itu disetujui oleh Sinode Umum gereja, yang terdiri dari para uskup, pendeta dan orang awam dari seluruh negeri, setelah delapan jam debat selama dua hari pada pertemuan di London.

Pernikahan Satu Laki-laki dan Satu Perempuan

Langkah itu termasuk permintaan maaf atas kegagalan gereja menyambut orang-orang LGBTQ. Namun juga mendukung doktrin bahwa pernikahan adalah antara satu laki-laki dan satu perempuan, artinya para imam masih dilarang menikahkan pasangan sesama jenis.

“Saya tahu bahwa apa yang kami usulkan sebagai jalan ke depan tidak berjalan cukup jauh bagi banyak orang, tetapi terlalu jauh bagi yang lain,” kata Uskup London, Sarah Mullally, dalam sebuah pernyataan. “Saya berdoa semoga apa yang telah disepakati hari ini akan menjadi langkah maju bagi kita semua di dalam Gereja — termasuk kaum LGBTQI+ — karena kita tetap berkomitmen untuk berjalan bersama.”

Jayne Ozanne, seorang aktivis hak gay dan anggota sinode, mengatakan dia "sangat kecewa" karena kaum konservatif telah menahan perdebatan gereja tentang seksualitas. Sinode awal pekan ini menolak amandemen yang diajukan oleh Ozanne yang akan mengembalikan masalah kesetaraan pernikahan ke agenda akhir tahun ini.

“Dengan terus memberi tahu orang-orang LGB bahwa mereka tidak dapat berharap untuk menikah dalam waktu dekat di gereja mereka, atau bahwa keinginan mereka untuk keintiman seksual adalah dosa, kami mengirimkan pesan kepada bangsa yang hanya sedikit yang akan mengerti,” kata Ozanne di Twitter.

“Lebih penting lagi, ini adalah pesan yang akan terus menyebabkan kerugian besar bagi komunitas LGBT dan membahayakan kehidupan kaum muda LGBT+.”

Pernikahan sesama jenis telah dilegalkan di Inggris dan Wales sejak 2013, tetapi gereja tidak mengubah ajarannya tentang pernikahan ketika undang-undang tersebut berubah.

Survei opini publik secara konsisten menunjukkan bahwa mayoritas orang di Inggris mendukung pernikahan sesama jenis. Namun Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, mengatakan gereja terus memiliki “perpecahan yang mendalam” mengenai masalah ini.

Langkah yang disetujui hari Kamis itu mendukung proposal dari para uskup gereja untuk mengizinkan pendeta memberkati persatuan pasangan sesama jenis setelah mereka menikah atau memiliki kemitraan yang diakui oleh otoritas sipil. Tetapi anggota pendeta tidak akan diminta untuk melakukan pemberkatan seperti itu jika mereka tidak setuju dengannya.

Pemberkatan diharapkan akan dimulai akhir tahun ini setelah para uskup menyempurnakan pedoman mereka dan mengeluarkan doa untuk digunakan para klerus.

Welby mengatakan bulan lalu bahwa dia tidak akan secara pribadi memberkati pasangan sesama jenis karena tugasnya adalah menyatukan 85 juta anggota Komuni Anglikan di seluruh dunia. Welby adalah pemimpin spiritual Gereja Inggris dan gereja Anglikan global yang menjadi anggotanya.

Tetap saja, dia merayakan keputusan hari Kamis. “Jalan yang panjang untuk membawa kita ke titik ini,” kata Welby dalam pernyataan yang dikeluarkan bersama Uskup Agung York, Stephen Cottrell.

“Untuk pertama kalinya, Gereja Inggris akan secara terbuka, tanpa pamrih, dan dengan gembira menyambut pasangan sesama jenis di gereja.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home