Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:53 WIB | Minggu, 29 Maret 2015

Gol Huntelaar Selamatkan Belanda dari Kekalahan

Klaas Jan Huntelaar (kaus oranye) diapit pemain Turki Gokhan Gonul (kaus putih). (Foto: goal.com).

AMSTERDAM, SATUHARAPAN.COM – Gol penyerang  Belanda, Klaas Jan Huntelaar menyelamatkan negaranya dari kekalahan atas Turki dengan mencetak gol penyeimbang sehingga skor menjadi 1-1 pada laga Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2016 yang digelar di Stadion Amsterdam Arena, Amsterdam, Minggu (29/3) dini hari WIB.

Belanda di peringkat ketiga Grup A dengan nilai tujuh , sementara Turki di bawahnya dengan poin lima, Belanda dan Turki tertinggal jauh atas Republik Cek di peringkat pertama dengan 13 poin, Islandia di peringkat kedua dengan 12 poin.

Belanda mencatatkan 19 kemenangan beruntun di laga Internasional yang berlangsung di negara mereka sendiri dengan rekor gol 69-7 dan 14 kali tanpa kebobolan. Terakhir kali Belanda gagal menang ketika ditahan imbang tanpa gol oleh Rumania pada 2007.

Belanda tetap tampil menyerang walau dua penyerang andalan, Arjen Robben dan Robin Van Persie tidak dapat diturunkan akibat cedera, ini terbukti menit kelima Memphis Depay bekerja sama dengan Daley Blind – melepaskan  diri dari kawalan bek Turki Mehmet Topal sebelum Depay melepaskan bola ke gawang Turki, namun bola dihalau kiper Turki, Volkan Babacan.

Belanda semakin frustrasi menggempur gawang Turki, sama halnya dengan pelatih tim Oranye Guus Hiddink yang di pinggir lapangan mencemaskan timnya yang belum mencetak gol. Kecemasan Hiddink semakin menjadi-jadi menit ke-37, saat Burak Yilmaz mencetak gol bagi Turki setelah dia berhasil menguasai bola hasil umpan rekannya Volkan Sen. Yilmaz mencetak gol karena berhasil lolos dari pengawalan bek Belanda Stephan de Vrij, dan Rolando Martins Indi.

Belanda semakin menggencarkan serangan guna mengejar gol dari Turki, terbukti menit ke-45 mereka nyaris mencetak gol namun usaha Ibrahim Affellay yang menggiring bola dan melepaskan umpan di kotak penalti sia-sia karena Klaas Jan Huntelaar gagal menyambut umpan. Belanda tertinggal di jeda babak pertama dengan skor 0-1.

Pemain debutan tim nasional Belanda, Bad Dost mencoba peruntungannya di babak kedua dengan mencetak gol namun usahanya gagal karena bola sundulannya masih lemah, padahal Luciano Narsingh memberi dia umpan akurat.

Tambahan waktu enam menit menjelang akhir pertandingan membuat Belanda semakin bersemangat mencetak gol, hasilnya nyata karena aksi menggiring bola Wesley Sneijder berbuah manis bola tendangan mantan gelandang Inter Milan ini dari luar kotak penalti membentur Klaas Jan Huntelaar dan masuk gawang Turki, sementara Volkan Babacan kiper Turki, sudah mati langkah. Setelah gol tercipta, pertandingan berakhir dengan kedudukan 1-1.

Susunan Pemain:

Belanda: Jasper Cillessen, Gregory Van Der Wiel, Stephan de Vrij, Rolando Martins Indi, Wesley Sneijder, Nigel De Jong, Ibrahim Affellay, Georginio Wijnaldum, Daley Blind, Klaas Jan Huntelar, Memphis Depay

Turki: Volkan Babacan, Serdar Aziz, Hakan Kadir Balta, Gokhan Gonul, Ozan Tufan, Mehmet Topal, Selcuk Inan, Caner Erkin, Volkan Sen, Gokhan Tore, Burak Yilmaz. (soccerway.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home