Loading...
BUDAYA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:22 WIB | Senin, 17 Februari 2014

Gravity dan 12 Years A Slave Berbagi Predikat Terbaik di BAFTA

Gravity mendominasi beberapa penghargaan di BAFTA. (Foto: bbc.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM -  Gravity, film fiksi sains 3D produksi gabungan Inggris-Amerika, dinobatkan sebagai film Inggris terbaik (Outstanding British Film) di pesta penyerahan penghargaan perfilman BAFTA (British Academy of Film and Television Arts), yang berlangsung di Royal Opera House, London, Minggu (16/2).

Film yang dibintangi oleh Sandra Bullock dan George Clooney itu juga mendapatkan penghargaan untuk efek visual, sinematografi, suara terbaik dan musik orisinal. Alfonso Cuaron juga dinobatkan sebagai sutradara terbaik.

BAFTA memberikan penghargaan kategori Outstanding British Film, Outstanding Debut, British Short Film, dan British Short Animation di samping kategori terbaik seperti pada ajang pemberian penghargaan lain. 

Kategori film terbaik di ajang BAFTA diraih 12 Years a Slave. Chiwetel Ejiofor, pemeran utama dalam film itu, juga dinobatkan sebagai aktor terbaik. Sementara itu Cate Blanchett meraih penghargaan sebagai aktris terbaik melalui perannya dalam Blue Jasmine.

Untuk kategori pemeran pendukung, bintang Captain Phillips, Barkhad Abdi, berhasil menang. Begitu juga dengan Jennifer Lawrence dalam American Hustle. Lawrence tidak hadir dalam acara tersebut sehingga David O Russel yang menggantikannya menerima penghargaan. Russel kembali ke panggung beberapa menit kemudian untuk mengambil penghargaannya sebagai penulis skenario terbaik untuk drama kriminal tahun 1970 yang bercerita tentang dua orang artis palsu yang dijerat oleh FBI itu.

The Great Gatsby meraih dua penghargaan untuk desain produksi dan desain kostum. Room 8 meraih penghargaan sebagai film pendek terbaik. Penghargaan film animasi pendek terbaik dimenangkan oleh Sleeping With the Fishes.

Acara penyerahan penghargaan itu dipandu untuk kesembilan kalinya oleh aktor Stephen Fry.

Penghargaan animasi terbaik jatuh kepada Frozen, mengungguli Monsters University dan Despicable Me 2. BAFTA juga memberikan penghargaan luar biasa bagi penulis, sutradara, atau produser kepada Kieran Evans, melalui karyanya Kelly+Victor yang menceritakan tentang pasangan muda yang memulai hubungan cinta penuh gairah.

Sejumlah nama terkenal hadir dalam acara BAFTA, antara lain Jeremy Irons, Uma Thurman, dan Pangeran William yang merupakan presiden akademi. (bbc.co.uk)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home