Loading...
BUDAYA
Penulis: Equivalent Pangasi 15:37 WIB | Senin, 03 Maret 2014

Gravity Mendominasi Academy Awards ke-86 dengan 7 Oscar

Ajang kompetisi film bergengsi, Academy Awards ke-86 dilaksanakan di Dolby Theater, Hollywood pada Minggu (2/3) waktu setempat, atau Senin (3/2) WIB. Dalam ajang tersebut, Gravity berhasil mendominasi kemenangan dengan 7 piala. (Foto: bbc.com)

HOLLYWOOD, SATUHARAPAN.COM – Film garapan sutradara Alfonso Cuaron, Gravity berhasil mendominasi kemenangan dalam ajang kompetisi film bergengsi, Academy Awards ke-86, Minggu (2/3) waktu setempat atau Senin (3/3) WIB.

Film Gravity berhasil menyabet tujuh penghargaan sekaligus, di antaranya best director (Alfonso Cuaron), best cinematography, best film editing, best original score, best sound editing, best sound mixing , dan best visual effects.

Sementara itu, film 12 Years A Slave dan Dallas Buyers Club menyusul Gravity dengan masing-masing menyabet tiga penghargaan.

Ketiga kategori yang berhasil dimenangkan oleh 12 Years A Slave di antaranya best picture, best supporting actress (Lupita Nyong’o), dan best adapted screenplay. Sedangkan Dallas Buyers Club berhasil memenangkan tiga kategori lainnya, yaitu best actor (Matthew McConaughey), best supporting actor (Jared Leto), dan best make up.

Kategori best actress dimenangkan Cate Blanchett dalam film Blue Jasmine yang berhasil menyisihkan Amy Adams dalam film American Hustle, Sandra Bullock dalam film Gravity, Judi Dench dalam film Philomena, dan Meryl  Streep dalam film August: Osage Country.

Film The Great Gatsby berhasil meraih dua penghargaan untuk kategori best costume design dan best production design. Selanjutnya film animasi Frozen berhasil mengimbangi posisi The Great Gatsby dengan turut memenangkan dua kategori, yaitu best animated feature dan best original song untuk lagunya yang berjudul Let It Go.

Sementara itu, film Mr. Hublot harus puas dengan hanya memenangkan satu kategori, yaitu best animated short. Demikian pula dengan film 20 Feet From Stardom yang memenangkan kategori best documentary feature.

Selain itu, kategori best documentary short berhasil dimenangkan oleh film The Lady in Number 6: Music Saved My Life, dan kategori best live action berhasil dimenangkan film Helium.Sedangkan sebuah film Italia berjudul The Great Beauty berhasil menjadi pemenang kategori best foreign language.

Film dengan judul asli La Grande Belleza itu berhasil mengalahkan sejumlah film asing lainnya seperti The Broken Circle Breakdown (film Belgia), The Hunt (film Denmark), The Missing Picture (film Kamboja), dan Omar (film Palestina). (bbc.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home