Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 19:13 WIB | Rabu, 07 Agustus 2013

Gubernur Bank of England: Tidak Akan Naikkan Suku Bunga Sampai Penganguran di Bawah 7 Persen

Mark Carney, Gunernur Bank of England

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Gubernur baru Bank of England, Mark Carney,  mengatakan bahwa bank tersebut tidak akan menaikkan suku bunga sampai angka pengangguran turun menjadi 7 persen atau di bawahnya.

Carney mengatakan hal itu berarti harus diciptakan lapangan kerja sebanyak 750.000 pekerjaan dan akan dicapai dalam tiga tahun. Saat ini angka pengangguran di Inggris pada tingkat 7,8 persen.

Penurunan angka pengangguran akan dilakukan dengan mencegah kenaikan inflasi yang terlalu cepat atau dilakukan dengan membangun stabilitas finasial.

Carney mengatakan bahwa sampai ambang tercapainya target, Bank tidak akan memotong cadangan sebesar £ 375 biliun, yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif (Quantity Easing / QE). Namun dia optimistis pada prospek ekonomi Inggris, walau belum mencapai kecepatan yang diharapkan.

"Sebuah upaya pemulihan ekonomi baru sekarang berlangsung di Inggris dan tampaknya akan meluas," katanya.
"Akibat warisan krisis keuangan menjadikan pemulihan masih lemah menurut standar historis, dan masih ada margin yang signifikan pada kapasitas cadangan dalam perekonomian. Hal ini paling jelas terlihat dalam tingkat pengangguran yang tinggi," katanya.

Prakiraan Pertumbuhan

Di pasar, saham terlihat naik dan pound jatuh segera setelah pernyataan tersebut dirilis, meskipun  ada harapan gerakan dengan cepat akan berbalik.

Sudah ada harapan yang luas bahwa Carney akan melakukan strategi baru, yang dikenal sebagai "petunjuk untuk maju".

Diperkirakan percepatan pertumbuhan untuk sisa tahun ini dalam level sedang pada angka 2,4 persen untuk dua tahun ke depan. Sedangkan tingkat inflasi berada pada tingkat target 2,0 persen sampai 2015. (bbc.co.uk)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home