Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:25 WIB | Jumat, 12 Desember 2014

Gubernur DKI Terima Baret Kehormatan dari TNI

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menerima baret dan brevet kehormatan Mitra Kerja Daerah dari TNI. (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menerima baret dan brevet kehormatan Mitra Kerja Daerah dari TNI. Penyematan baret dan brevet dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/12).

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan, penyematan brevet dan pemasangan baret kepada Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama adalah sebagai mitra strategis dalam pertahanan negara.

"TNI memposisikan Gubernur sebagai mitra strategis, sehingga perlu adanya sebuah sinergitas antara TNI dan Pemerintah Daerah, sebuah kolaborasi dan proaktif di dalam menyusun sistem pertahanan sejak dini," kata Panglima TNI memberikan sambutan.

Sebelumnya, pembaretan telah dilakukan kepada 29 Gubernur Seindonesia oleh Panglima TNI di Dermaga Ujung Mako Armatim Surabaya pada Peringatan ke-69 TNI, Oktober lalu. Basuki Tjahaja Purnama saat itu masih menjadi Wagub, sedangkan Gubernur Joko Widodo menunggu dilantik menjadi presiden

“TNI memberi apresiasi kepada para Gubernur dan saat ini kepada bapak Basuki selaku Gubernur DKI Jakarta untuk mendapatkan Baret dan Brevet dari TNI,” kata Jenderal TNI Moeldoko. 

Dia mengungkapkan bahwa dalam sistem pertahanan negara yaitu sistem pertahanan rakyat semesta, maknanya adalah apabila negara diserang, maka seluruh sumber daya nasional akan dimobilisasi untuk kepentingan nasional.
 
“Untuk itulah Panglima TNI, Pangdam, Pangkoopsau dan Pangarmabar akan sangat terbantu apabila Gubernur ikut memikirkan sejak awal mengenai sistem pertahanan negara dengan baik,” ujar Panglima TNI.
 
Disamping itu, menurut Panglima TNI makna pemakaian baret adalah agar dapat digunakan oleh Gubernur ketika mengambil apel atau pada upacara militer tertentu, kemudian Gubernur memiliki kekuatan militer di daerahnya, Gubernur dapat memiliki TNI apabila di daerahnya terjadi sesuatu.
 
"TNI memberikan penguatan atas leadership gubernur. Kalau ada apa-apa, Ahok (Basuki) jangan sungkan meminta bantuan ke Pangdam untuk meminta bantuan demi keamanan dan kesejahteraan rakyat," tegasnya.

Basuki pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI atas penyematan brevet dan baret tersebut.

"Ini hoki saja," kata dia. (beritajakarta.com/Puspen TNI)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home