Loading...
HAM
Penulis: Sotyati 14:30 WIB | Sabtu, 16 Agustus 2014

Gugatan Klaim Tanah Adat Dikabulkan Setelah 17 Tahun

Para penari Gumbaynggirr bergambar bersama Hakim Janet Jagot seusai penetapan keputusan hak atas tanah adat dalam sidang terbuka. (Foto: abc.net.au)

NEW SOUTH WALES, SATUHARAPAN.COM - Pengadilan Federal menyetujui klaim tanah adat yang sudah diperjuangkan 17 tahun oleh warga Gumbaynggirr di pesisir Utara New South Wales, Australia.

Lebih dari 100 warga Gumbaynggirr berdiri dan bersorak gembira ketika Hakim Jayne Jagot menetapkan keputusannya dalam sidang terbuka khusus di Nambucca Head, Pelabuhan Coffs.

Klaim tanah adat itu meliputi tanah pesisir sepanjang enam kilometer yang terdapat di dalam kawasan Taman Nasional Wanggaan, sebelah selatan Kota Nambucca.

Klaim tanah adat itu mulai diajukan ke pengadilan pada 1996 atas nama warga adat Gumbaynggirr. Hanya satu dari pemohon asli yang masih hidup sampai saat ini.

Dalam penyampaian keputusannya, Hakim Jagot mengakui proses penetapan klaim itu terlalu lama. "Kebenaran mendasar adalah keadilan yang tertunda, keadilan yang tidak boleh diabaikan, dan harusnya membimbing usaha masa depan kita terkait upaya mencari resolusi dari usaha di masa depan dari kasus seperti ini," kata Hakim Jagot.

Aden Ridgeway, Senator Australia 1999 – 2005 yang asli Gumbaynggirr, berada di tengah penduduk pemohon Gumbaynggirr  dan mengatakan lamanya waktu untuk memproses permohonan itu merupakan masalah yang perlu mendapatkan perhatian.

"Sering kali terhadap permohonan seperti ini upaya hukum, atau batasan yang dibutuhkan, sangat problematik, sementara masyarakat lebih menyoroti hal-hal kecil dibandingkan pencapaian hasil yang lebih besar,” kata Ridgeway. "Jika kita terus membuka mata terhadap hal-hal yang lebih besar, kita akan mencapai hasil yang lebih cepat,”  dia menambahkan.

Meski klaim tanah adat penduduk Gumbaynggirr sudah disetujui, namun tanah adat itu akan tetap menjadi bagian dari Taman Nasional Gaagal Wanggaan.

Gumbaynggirr tercatat sebagai komunitas Aborigin dengan populasi paling besar, 10.000 orang, dan mendiami wilayah Pelabuhan Coffs.

Selain Aden Ridgeway, dari komunitas ini tampil tokoh Tyrone Sheather, seniman dan pembuat film yang sedang naik daun. (abc.net.au/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home