Loading...
INSPIRASI
Penulis: Irma Koswara 11:33 WIB | Sabtu, 01 Juni 2013

Gumulan Ibu Berputra Difabel: Harapan dan Impian

foto: ymindrasmoro

SATU HARAPAN.COM - Tadi pagi dalam parents support group, panitia meminta kepada kami, para orang tua, untuk mengisi kuesioner sebelum pulang. ”Harapan dan Impian” adalah judul yang tertulis di sudut kiri atas halaman kertas yang dibagikan.

Apa harapan dan impian Anda untuk perkembangan intelektual/akademis anak Anda tahun ini? Hmmm… sebuah pertanyaan yang cukup jelas dan sederhana. Aku mulai berpikir untuk menulis jawabanku. Apa harapan dan impianku untuk Armando? Bendungan yang ada dalam diriku terasa mau pecah. Tetapi, melihat kolom-kolom kecil yang disediakan untuk mengisi jawaban itu, rasanya aku harus memilih kata-kataku dengan hati-hati....

Akhirnya kutulis: ”Agar Armando bisa terus mengejar ketinggalannya dan bisa mendapatkan bantuan-bantuan yang dibutuhkannya untuk bisa meningkatkan kemampuan akademisnya.”

Kedengarannya masih masuk akal. Namun, sebenarnya itu belum separuh ceritaku.... Kumohon Tuhan... aku mohon... jadikanlah seluruh kemampuan dan dukungan yang kami miliki membuat hal itu mungkin bagi kami...karena sejujurnya, saat ini aku tidak bisa membayangkan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Beberapa hari lalu aku dan Armando membuka-buka buku latihan. Pelajaran hari itu adalah mewarnai sebuah gambar mobil menurut rumus-rumus berhitung sederhana seperti 2+8=? Ketika kami mencoba mengerjakannya bersama-sama, perlahan-lahan, dengan bersusah payah, melewati detik-detik yang seakan menyakitkan, aku sempat berpikir: ”Sepertinya tak mungkin kami akan bisa melakukan ini.”

Aku terduduk lemas. Apa yang sedang kupikirkan? Armando berhak mendapatkan yang lebih baik dari ini.... Saat ini ia mempunyai kepentingan dan kebutuhan untuk mempunyai seorang ibu yang percaya bahwa ini bisa dilakukan... bahwa kami bisa melakukan ini. Kami AKAN melakukan ini. Tidak boleh ada keraguan dalam hal ini... hal mengenai HARAPAN.

Kulihat lagi tulisanku. Memang berat, namun aku masih memiliki HARAPAN.

 

Catatan: Irma Koswara (Ibu dari Armando [penyandang Cerebral Palsy])

email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home