Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:11 WIB | Sabtu, 25 Agustus 2018

Gunung Berapi Etna Bergemuruh, Lontarkan Abu dan Lava

Gunung berapi paling aktif di Eropa, Gunung Etna, memuntahkan lava saat erupsi pada dini hari Selasa, 11 April 2017, dengan latar depan Kota Sisilia, Riposto, Italia. (Foto: Voaindonesia.com)

SISILIA, ITALIA, SATUHARAPAN.COM – Gunung Etna di Sisilia bergemuruh, dan menunjukkan kegiatan vulkanik yang spektakuler, melontarkan abu yang membubung tinggi dan memuntahkan lava.

Lembaga Geofisika dan Vulkanologi Nasional Italia (INGV) mengatakan bahwa gunung berapi itu, yang mulai menunjukkan tanda-tanda awal aktivitasnya pada akhir Juli, aktif sepenuhnya pada Kamis malam (23/8) dengan melontarkan gumpalan besar lava, yang membara ke angkasa hingga ketinggian 150 meter hampir tanpa henti.

Hari Jumat (24/8), INGV mengatakan aktivitas Etna terus berlanjut, mengeluarkan abu yang membubung hingga beberapa ratus meter ke angkasa di atas kawahnya.

Tidak ada laporan mengenai evakuasi kota-kota di lereng Etna.

Penduduk Sisilia, bertani di tanah yang subur di lereng Etna. Gunung berapi ini juga merupakan tujuan populer bagi para pendaki di pulau di kawasan Laut Tengah itu.  (Voaindonesia.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home