Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:41 WIB | Jumat, 24 Agustus 2018

ASICS dan NTT Jepang Rilis Kemeja dengan Sensor Sengatan Panas

Ilustrasi. Kemeja baru yang dilengkapi sensor untuk membantu pemakainya terhindar dari sengatan panas, yang diproduksi oleh produsen barang-barang olahraga ASICS Corporation dan raksasa telekomunikasi Jepang NTT. (Foto: newsonjapan.com)

JEPANG, SATUHARAPAN.COM – Produsen barang-barang olahraga ASICS Corporation dan raksasa telekomunikasi Jepang NTT, mengumumkan prototipe kemeja baru yang dilengkapi sensor untuk membantu pemakainya terhindar dari sengatan panas. Kedua perusahaan itu memamerkan prototipe tersebut, pada Kamis (23/8).

Sebuah sensor kecil di bagian punggung memonitor detak jantung pemakai, suhu dan kelembapan di kemeja, serta panas dari matahari. Sensor itu akan mengirimkan data tersebut ke telepon pintar pemakai, agar bisa memeriksa kondisi fisiknya. Jika data itu mengindikasikan risiko sengatan panas, alat tersebut akan memberitahu pemakainya.

Kedua perusahaan mengatakan, akan berupaya meningkatkan akurasi alat tersebut, agar bisa digunakan oleh orang-orang yang bekerja di luar ruangan dalam jangka waktu lama serta oleh para lansia dan anak-anak.

Perusahaan-perusahaan itu mengatakan, mereka berencana untuk menggunakan kaus tersebut secara praktis pada Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralympic Games.

Seorang pejabat di ASICS Institute of Sport Science mengatakan, orang-orang mengandalkan akal mereka sendiri untuk minum air agar tetap terhidrasi, tetapi perangkat itu dapat memberi tahu mereka kapan harus melakukannya.

Pejabat itu mengatakan, alat ini akan membantu untuk anak-anak dan orang tua yang mengalami kesulitan mempertahankan suhu tubuh yang tepat. (nhk.or.jp/newsonjapan.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home