Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 16:07 WIB | Senin, 13 Oktober 2014

Gus Sholah Imbau Umat Beragama Tak Terpancing Isu Kekerasan

KH Salahudin Wahid mengimbau seluruh umat beragama untuk tidak terpancing isu-isu kecil seperti kekerasan yang dilakukan ISIS atau NIIS (Negara Islam Irak dan Suriah) dan Front Pembela Islam (FPI). (Foto: Antara)

JOMBANG, SATUHARAPAN.COM - Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) KH Salahudin Wahid mengimbau seluruh umat beragama untuk tidak terpancing isu-isu kecil seperti kekerasan yang dilakukan ISIS atau NIIS (Negara Islam Irak dan Suriah). 

“ISIS itu sangat kecil, tidak bisa dijadikan patokan karena kecil karena ada yang mayoritas,” kata kiai yang akrab disapa Gus Sholah saat menerima kunjungan pihak Gereja Kristen Jawi Wetan di Tebuireng, Jombang pada Minggu (12/10).

Pengasuh Pesantren Tebuireng tersebut juga menyoroti gerakan FPI yang cenderung menggunakan kekerasan. 

“Demo tidak setuju Ahok silakan saja, tapi ya jangan menggunakan kekerasan!,” kata dia.

 Menurut Gus Sholah Basuki Tjahaja Purnama adalah figur baik, meski gaya bicara kurang baik. 

“Wajar saja manusia mana ada yang sempurna, kalau mau Ahok lengser tunggu saja 2017. Lah wong kita memilih dengan cara yang disepakati kan,” kata dia.

Ia menilai agama yang lain juga tak luput dari perilaku kekerasan terhadap yang lain. Ada sejarah berdarah dalam semua agama di dunia. 

“Entah kenapa itu bisa melenceng dari tujuan agama itu,” tanyanya. 

Di akhir pidato, ia mengajak untuk menerapkan praksis atau muamalah dari setiap agama agar bisa mengetahui kebutuhan masyarakat. (nu.or.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home