Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 21:49 WIB | Kamis, 10 Oktober 2013

Hadiah Nobel Bidang Sastra Dimenangi Alice Munro dari Kanada

Sastrawan asal Kanada, Alice Munro, memenangi hadiah Nobel sastra 2013. (Foto: istimewa)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM - Penulis asal Kanada, Alice Munro, memenangi Hadiah Nobel tahun ini di bidang sastra . Akademi Swedia, memilih pemenang Nobel sastra ini dengan memanggilnya sebagai "master cerita pendek kontemporer."

Munro adalah penulis pertama Kanada untuk menerima penghargaan prestisius senilai US$ 1.2 juta ( setara dengan Rp13,8 miliar) sejak Saul Bellow, yang menang di tahun 1976, namun dia pergi ke Amerika Serikat sejak anak-anak.

Tulisan Munro telah membawa berbagai penghargaan termasuk penghargaan dari National Book Critics Circle  untuk  karyanya "Hateship, Friendship, Courtship, Loveship, Marriage".  Dia juga merupakan pemenang tiga kali penghargaan tertinggi kehormatan sastra dari Gubernur Jenderal Kanada.

Dia dianggap sebanding dengan Anton Chekhov. Munro yang telah berusia 82 tahun telah mencapai status kepenulisannya yang mendekati  kanonik sebagai dokumenter yang menyeluruh.

Karya-karyanya yang  diterbitkan sering mencerminkan berubah dan perbedaan antara pertumbuhan Munro di Wingham sebagai seorang konservatif  di kota barat Kanada, Toronto, dan hidupnya setelah revolusi sosial tahun tahun 1960-an .

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Associated Press pada tahun 2003, dia menggambarkan tahun 1960 sebagai "indah.”

Itu "karena, bagi yang telah lahir pada tahun 1931, saya agak tua, tapi juga tidak terlalu tua untuk wanita seperti saya yang beberapa tahun memakai rok mini dan berjingkrak," katanya .
Penghargaan Nobel sastra tahun lalu diterima oleh sastrawan China, Mo Yan. Pengumuman hadiah Nobel 2013 berikutnya akan disampaikan pada hari Jumat (11/10) untuk hadiah Nobel Perdamaian, dan akan diikuti  penghargaan bidang ekonomi pada hari Senin pekan depan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home