Loading...
INSPIRASI
Penulis: Tjhia Yen Nie 01:00 WIB | Kamis, 17 September 2015

Hadiah Ulang Tahun

Hadiah apakah yang paling berkesan yang pernah kita terima?
Kado ulang tahun (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – ”Hadiah ulang tahun.  Kevin mendapat hadiah Honda jazz saat ulang tahun , dia ngebut menabrak trotoar pembatas jalan, dan meninggal di tempat, terjadi di Kairagi Manado.” Demikian keterangan dari gambar mobil merah ringsek yang dikirim seorang teman melalui media sosial. Melihat gambar tersebut, terbayang kepiluan orangtua Kevin.

Ulang tahun adalah momen istimewa, yang mengingatkan keberadaan kita sebagai manusia.  Tanpa disadari, anak-anak saya pun menghitung mundur menuju hari ulang tahunnya, kadang dengan sengaja mereka menyebutkan apa yang diharapkan, agar dibelikan sebagai hadiah ulang tahunnya.  Memberikan yang terbaik untuk anak-anak adalah kebahagiaan orangtua.

Memandang gambar mobil merah yang ringsek ini membuat saya bertanya-tanya dalam diri saya: ”Hadiah apakah yang paling berkesan yang pernah saya terima?” Ternyata jawabannya adalah sebuah buku, yang diberikan seorang kawan saat ulang tahun saya yang ke-18.  Bagaimana isi  buku tersebut membuat saya menimbang, apakah hari-hari yang saya lewati itu berlalu begitu saja atau memberikan nilai positif bagi orang lain.  Setiap berulang tahun, saya pun menghitung, sudah berapa tahun dari usia 18 yang saya lalui?

Ternyata, jika saya sebagai orangtua merasa bahwa hadiah yang tertanam dalam hidup saya bukanlah karena nilai ekonomis atau kemewahannya.  Tentu sekarang sebagai orangtua, saya pun dapat berkaca dari pengalaman tersebut.

Kepedihan hati orangtua Kevin hendaknya menjadi pelajaran bagi kita semua sebagai orangtua dalam memberikan yang terbaik untuk titipan Sang Pencipta.   Memberikan hadiah berupa mobil, gawai, liburan, dan hal-hal menyenangkan lainnya untuk anak-anak adalah kebahagiaan orangtua. Namun, jika semua itu tanpa pengawasan dan bimbingan yang tepat, hanya akan menjadi bumerang yang memilukan.

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home