Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:21 WIB | Kamis, 28 Maret 2024

Hamas dan Palestina Sambut Resolusi Dewan Keamanan PBB untuk Gencatan Senjata Gaza

Hamas mengatakan siap melakukan pertukaran 'tahanan'; Ramallah berharap Israel akan ‘dipaksa’ untuk menerapkan keputusan tersebut.
Kendaraan PBB berkeliling gedung-gedung yang hancur akibat serangan Israel sebelumnya di Kota Gaza, pada 25 Maret 2024. (Foto: AFP)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Hamas menyambut baik resolusi Dewan Keamanan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) yang menyerukan gencatan senjata segera dalam perang yang sedang berlangsung dengan Israel yang dipicu oleh serangan besar-besaran kelompok teror Palestina di wilayah selatan, dan mengatakan bahwa mereka siap untuk melepaskan sandera yang mereka culik selama serangan yang menghancurkan tersebut.

Otoritas Palestina dan Turki juga memuji perkembangan yang terjadi di PBB.

Perang di Gaza meletus dengan serangan gencar Hamas pada tanggal 7 Oktober, yang menyebabkan sekitar 3.000 teroris menyerbu perbatasan ke Israel melalui darat, udara, dan laut, menewaskan 1.200 orang. Teroris juga menyandera 253 sandera, sebagian besar warga sipil dan segala usia. Israel menanggapinya dengan kampanye militer untuk menggulingkan rezim Hamas di Gaza dan membebaskan para sandera, sekitar 130 di antara mereka masih disandera.

Hamas berterima kasih kepada Dewan Keamanan PBB atas resolusinya dan menyerukan “gencatan senjata permanen yang mengarah pada penarikan semua pasukan Zionis dari Jalur Gaza, dan pengembalian para pengungsi ke rumah asal mereka.”

Resolusi DK PBB juga menuntut pembebasan segera sandera yang ditahan oleh Hamas. Dalam sebuah pernyataan yang diposting online, kelompok teror tersebut mengatakan bahwa mereka bersedia “untuk segera terlibat dalam proses pertukaran tahanan yang mengarah pada pembebasan tahanan di kedua sisi,” sebuah referensi untuk tahanan keamanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel yang mereka tuntut sebagai tebusan untuk para sandera.

Pernyataan Hamas menambahkan bahwa penghentian pertempuran diperlukan untuk “mengubur para martir kami yang berada di bawah reruntuhan selama berbulan-bulan” dan untuk mengakses “kebutuhan kemanusiaan.”

“Hamas menyerukan kepada Dewan Keamanan untuk menekan pendudukan agar mematuhi gencatan senjata dan menghentikan perang genosida dan pembersihan etnis terhadap rakyat kami,” kata pernyataan itu, hari Senin (25/3) sekaligus menyerukan pembentukan negara Palestina.

Perdana Menteri sementara Otoritas Palestina (PA), Mohammad Shtayyeh, juga menyambut baik resolusi Dewan Keamanan tersebut, dengan mengatakan bahwa ia berharap “Israel akan dipaksa untuk menerapkan keputusan tersebut, karena perilaku kriminal Israel sebagai negara nakal di atas hukum, dan sebagai negara kriminal, akan membuat siapa pun yang mendukungnya tidak akan bisa berbuat apa-apa. Itu adalah kaki tangan dalam kejahatan itu.”

Pemerintahan Shtayyeh mengundurkan diri pada bulan Februari dan akan digantikan oleh Mohammad Mustafa, karena perombakan internal PA.

“Kami menyambut baik resolusi Dewan Keamanan PBB,” kata Hussein al-Sheikh, menteri urusan sipil di PA, mengatakan di platform media sosial X. “Kami menyerukan penghentian permanen perang kriminal ini dan penarikan segera Israel dari Jalur Gaza. ”

Turki memuji resolusi DK PBB tersebut, dan juru bicara Kementerian Luar Negeri mengatakan “Kami menganggap resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza selama bulan Ramadhan dan akses kemanusiaan ke Gaza sebagai langkah positif,” lapor media Daily Sabah.

“Kami menyerukan komunitas internasional untuk bersatu melawan Israel guna mengakhiri bencana kemanusiaan di Gaza dan menemukan solusi jangka panjang terhadap konflik Israel-Palestina,” kata juru bicara tersebut.

Kementerian Luar Negeri PA mendesak Dewan Keamanan untuk segera menerapkan resolusi tersebut.

Resolusi tersebut “menuntut gencatan senjata segera di bulan Ramadhan yang dihormati oleh semua pihak yang mengarah pada gencatan senjata berkelanjutan yang langgeng, dan juga menuntut pembebasan semua sandera segera dan tanpa syarat.”

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, juga menyerukan agar resolusi tersebut segera dilaksanakan. “Dewan Keamanan baru saja menyetujui resolusi yang telah lama ditunggu-tunggu mengenai Gaza, menuntut gencatan senjata segera, dan pembebasan semua sandera segera dan tanpa syarat,” tulisnya di X. “Resolusi ini harus dilaksanakan. Kegagalan tidak bisa dimaafkan.”

Ini menandai pertama kalinya Dewan Keamanan mengeluarkan resolusi yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza sejak dimulainya perang.

Washington menolak kata-kata gencatan senjata pada awal perang yang telah berlangsung hampir enam bulan di Jalur Gaza dan menggunakan hak vetonya untuk memblokir resolusi-resolusi sebelumnya.

Resolusi Dewan Keamanan juga “menekankan kebutuhan mendesak untuk memperluas aliran bantuan kemanusiaan dan memperkuat perlindungan warga sipil di seluruh Jalur Gaza dan menegaskan kembali tuntutannya untuk menghilangkan semua hambatan terhadap penyediaan bantuan kemanusiaan dalam skala besar.”

Setelah pemungutan suara tersebut, dan Washington menahan diri dari hak vetonya, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu membatalkan rencana delegasi ke Washington untuk melakukan pembicaraan mengenai perang dan rencana kontroversial Israel untuk melakukan serangan di Rafah. (ToI dan Kantor Berita)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home