Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:26 WIB | Kamis, 28 Maret 2024

Tolak Resolusi DK PBB, Israel Tarik Negosiator dari Qatar setelah Hamas Tolak Kesepakatan Gencatan Senjata

PM Israel sebut resolusi DK PBB merusak negosiasi di Qatar, Tuntutan Hamas disebut sebagai ‘delusi’.
Linda Thomas-Greenfield, Duta Besar Amerika Serikat dan Perwakilan untuk PBB, berbicara setelah pemungutan suara untuk abstain ketika Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi gencatan senjata di Gaza selama bulan suci Ramadhan, tuntutan pertama Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan pertempuran di markas besar PBB. , 25 Maret 2024. (Foto: AP/Craig Ruttle)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Israel pada hari Selasa (26/3) menarik tim perundingnya dari Qatar setelah Hamas menolak tawaran terbarunya dalam pembicaraan mengenai kesepakatan penyanderaan dan gencatan senjata, kata seorang pejabat Israel kepada The Times of Israel.

Delegasi tersebut telah berada di Doha selama delapan hari.

Namun, beberapa outlet berita melaporkan bahwa tim kecil Mossad tetap berada di Qatar untuk melanjutkan pembicaraan. Kantor Perdana Menteri tidak mau mengomentari laporan tersebut. Majed al-Ansari, juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, mengatakan kepada wartawan bahwa negosiasi gencatan senjata di Gaza masih berlangsung, tanpa memberikan rinciannya.

Dalam sebuah pernyataan, kantor Perdana Menteri (PMO) Benjamin Netanyahu mengatakan keputusan Hamas untuk menolak kompromi yang ditengahi Amerika Serikat adalah “bukti nyata bahwa mereka tidak tertarik untuk melanjutkan perundingan, dan merupakan bukti menyedihkan atas kerusakan yang disebabkan oleh resolusi Dewan Keamanan PBB,” mengacu pada seruan untuk gencatan senjata yang disahkan pada Senin (25/3) malam, namun AS tidak memvetonya, sehingga memungkinkan pengesahannya.

PMO menuduh Hamas mundur dari “tuntutan ekstrimnya,” termasuk diakhirinya perang dan penarikan penuh IDF dari Gaza. “Israel tidak akan menuruti tuntutan khayalan Hamas,” katanya.

Seorang pejabat diplomatik yang dikutip oleh media berbahasa Ibrani mengatakan Hamas menuntut agar warga Gaza diberikan hak penuh untuk kembali ke rumah mereka di bagian utara Jalur Gaza dan bahkan tidak membahas pembebasan sandera.

“Tidak ada orang yang bisa diajak bicara di pihak lain dan tim perunding Israel tidak ada hubungannya di Qatar,” kata sumber itu seperti dikutip.

Hamas mengatakan pada Senin (25/3) malam bahwa mereka telah memberi tahu mediator bahwa mereka akan tetap pada posisi semula dalam menuntut gencatan senjata permanen, penarikan pasukan Israel dari Gaza, kembalinya warga Palestina yang terlantar, dan pertukaran “tahanan” yang “nyata” – tuntutan tersebut Israel telah berulang kali menolak dan menyebutnya sebagai delusi.

Meskipun kelompok Hamas mengkondisikan pembebasan sandera lebih lanjut berdasarkan komitmen Israel untuk mengakhiri perang, Israel bersikeras bahwa kampanye militernya untuk menghancurkan kemampuan militer dan pemerintahan Hamas akan dilanjutkan setelah kesepakatan gencatan senjata sandera dilaksanakan.

Kritik Israel pada AS

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, mengatakan dalam wawancara radio hari Selasa pagi bahwa keputusan AS untuk tidak memveto resolusi Dewan Keamanan akan merugikan Israel dalam pembicaraan untuk membebaskan sandera.

Katz menarik garis lurus antara penolakan Hamas terhadap persyaratan Israel untuk melakukan gencatan senjata dan kesepakatan penyanderaan dengan imbalan tahanan dan keputusan AS untuk mengizinkan resolusi Dewan Keamanan disahkan, yang disebutnya sebagai “kesalahan moral dan etika.”

“Hamas membangun fakta bahwa… akan ada gencatan senjata tanpa perlu membayar apa pun,” katanya.

Katz mengatakan Israel sekarang perlu meningkatkan tekanan militer untuk membuktikan komitmennya dalam melepaskan sandera dan menjatuhkan Hamas.

“Dalam pandangan kami, ada pesan, pesan yang tidak baik, kepada siapa pun di pihak Hamas bahwa AS tidak terlalu mendukung Israel, sehingga kami perlu membuktikan, secara militer, bahwa kami akan mempertahankan tujuan kami,” katanya.

Menteri Urusan Strategis, Ron Dermer, mengatakan kepada Bloomberg TV pada hari Selasa (26/3) bahwa keputusan AS memberikan alasan kepada Hamas untuk percaya bahwa “mereka akan melakukan gencatan senjata tanpa menyerahkan para sandera.”

Dengan mengatakan bahwa perang sedang terjadi di dalam negeri, Dermer memohon kepada AS untuk “berdiri bersama kami, mari kita selesaikan tugas ini, dan mari kita mulai suatu hari nanti di mana kita bisa mendapatkan proses perdamaian nyata yang dapat memberikan harapan tidak hanya kepada orang Israel, tetapi juga untuk orang-orang Palestina.”

Resolusi Dewan Keamanan menuntut gencatan senjata segera di Gaza dan pembebasan sandera yang disandera di Hamas Gazan pada tanggal 7 Oktober. AS abstain, dan 14 anggota dewan lainnya memberikan suara untuk resolusi tersebut, yang didukung oleh Rusia dan China, yang menyerukan gencatan senjata tanpa mengharuskan pembebasan sandera.

Dalam sebuah pernyataan dari Kantor Perdana Menteri setelah diadopsinya resolusi tersebut, Israel memperingatkan bahwa keputusan AS untuk abstain akan merugikan upaya perang melawan Hamas dan melemahkan upaya untuk membebaskan sandera.

Pernyataan tersebut menyebut keputusan tersebut sebagai “kemunduran yang jelas dari posisi AS yang konsisten di Dewan Keamanan sejak awal perang,” dan keputusan yang “memberi Hamas harapan bahwa tekanan internasional akan memungkinkan mereka untuk melakukan gencatan senjata tanpa melepaskan sandera kami.” Netanyahu juga membatalkan rencana perjalanan Dermer dan Ketua Dewan Keamanan Nasional, Tzachi Hanegbi, ke Washington untuk membahas rencana serangan di kota Rafah di Gaza, sebuah langkah yang dianggap AS sebagai reaksi berlebihan.

Gedung Putih menyatakan pada hari Senin bahwa Netanyahu berusaha menciptakan krisis dalam hubungan AS-Israel setelah dia membatalkan kunjungan delegasi tersebut.

Para pejabat AS menegaskan bahwa posisi mereka yang mendukung pengkondisian gencatan senjata pada pembebasan sandera tidak berubah.

“Sepertinya Kantor Perdana Menteri memilih untuk menciptakan persepsi terang di sini padahal mereka tidak perlu melakukan hal itu,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, dalam konferensi pers.

Sekitar 130 sandera – tidak semuanya hidup – diyakini masih berada di Gaza sejak pembantaian Hamas pada 7 Oktober, yang menyebabkan teroris membunuh sekitar 1.200 orang dan menculik 253 lainnya, sebagian besar warga sipil. Lusinan sandera dibebaskan berdasarkan perjanjian gencatan senjata sebelumnya pada bulan November, dan beberapa lainnya dibebaskan oleh Israel.

Mesir dan Qatar telah berusaha mempersempit perbedaan antara Israel dan Hamas mengenai gencatan senjata yang seharusnya terjadi karena krisis kemanusiaan yang semakin parah membuat penduduk di Gaza berisiko kelaparan, menurut PBB.

Laporan yang beredar di media berbahasa Ibrani pada hari Minggu menunjukkan bahwa Yerusalem telah melunakkan posisinya dan bersedia melepaskan ratusan tahanan Palestina lebih banyak dari yang awalnya disepakati pada fase pertama dari perjanjian potensial.

“Saat ini, kami merasa 50/50 mengenai peluang tercapainya kesepakatan,” kata seorang pejabat Israel kepada The Times of Israel pada hari Minggu (24/3).

Israel telah menerima proposal kompromi AS baru-baru ini, yang kemudian dikirimkan ke Hamas, kata pejabat Israel lainnya kepada The Times of Israel pada hari Minggu. Pejabat tersebut tidak mengatakan apa isi usulan tersebut, namun laporan menunjukkan bahwa Israel bersedia melipatgandakan jumlah tahanan keamanan yang telah dibebaskan dengan imbalan 40 sandera –perempuan, anak-anak, orang sakit dan orang tua – pada tahap pertama. Kesepakatan gencatan senjata enam pekan.

Menurut laporan berita Channel 12, Israel kini bersedia membebaskan sebanyak 800 tahanan, termasuk 100 narapidana yang dihukum karena pembunuhan. Laporan media Ibrani lainnya menyatakan Israel siap membebaskan 700 tahanan keamanan sebagai imbalan atas 40 tahanan tersebut. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home