Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:29 WIB | Rabu, 17 Januari 2024

Hamas Gunakan Senjata dari Berbagai Negara, Terutama Rusia, China dan Iran

Hamas Gunakan Senjata dari Berbagai Negara, Terutama Rusia, China dan Iran
Gambar dari video yang diposting oleh Hamas pada 20 Desember 2023, dimaksudkan untuk menunjukkan militan Hamas menggunakan tiruan senjata AM-50 Sayyad buatan dalam negeri. (Foto-foto: Hamas via AP)
Hamas Gunakan Senjata dari Berbagai Negara, Terutama Rusia, China dan Iran
Gambar dari video yang diposting oleh Hamas pada 20 Desember 2023 ini dimaksudkan untuk menunjukkan militan Hamas menggunakan peralatan permesinan untuk membuat salinan AM-50 Sayyad di dalam negeri mereka sendiri.

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Senapan sniper Iran, senapan serbu AK-47 dari China dan Rusia, granat berpeluncur roket buatan Korea Utara dan Bulgaria, roket anti tank diam-diam dipasang, semuanya ada di Gaza.

Analisis Associated Press terhadap lebih dari 150 video dan foto yang diambil dalam tiga bulan pertempuran sejak Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel pada 7 Oktober menunjukkan bahwa kelompok militan tersebut telah mengumpulkan beragam persenjataan dari seluruh dunia, sebagian besar diselundupkan melewati blokade selama 17 tahun yang bertujuan menghentikan pembangunan militer.

Senjata-senjata tersebut terbukti mematikan selama beberapa pekan peperangan perkotaan yang intens di Gaza, di mana para pejuang Hamas biasanya hanya dipersenjatai dengan apa yang dapat mereka bawa dan menggunakan taktik serang-lari melawan keunggulan Israel dalam hal senjata dan teknologi. Video propaganda Hamas yang diposting selama beberapa pekan terakhir tampaknya menunjukkan penembakan terhadap tentara Israel yang direkam melalui senapan sniper.

“Kami mencari senjata ke mana-mana, mencari dukungan politik, dan mencari uang,” kata juru bicara Hamas, Ghazi Hamad, baru-baru ini dalam sebuah wawancara dengan AP. Dia menolak untuk membahas secara spesifik siapa yang menyediakan senjatanya atau bagaimana senjata-senjata itu diselundupkan ke Gaza.

Para ahli yang meninjau gambar-gambar untuk AP mampu mengidentifikasi ciri-ciri dan tanda-tanda yang membedakan yang menunjukkan di mana sebagian besar senjata yang digunakan oleh pejuang Hamas diproduksi. Namun analisis tersebut tidak memberikan bukti apakah senjata tersebut disediakan oleh pemerintah negara-negara tersebut atau dibeli di pasar gelap Timur Tengah yang berkembang pesat, di mana senjata dan komponennya terdaftar untuk dijual di media sosial di negara-negara yang dilanda perang seperti Irak, Libya dan Suriah.

Namun yang jelas, banyak gambar yang menunjukkan militan Hamas membawa senjata yang tampaknya relatif baru, bukti bahwa kelompok tersebut telah menemukan cara untuk melewati blokade udara dan laut di Jalur Gaza, mungkin dengan perahu, melalui terowongan atau disembunyikan dalam pengiriman makanan dan barang lainnya.

“Sebagian besar senjata mereka berasal dari Rusia, China, atau Iran, namun senjata Korea Utara dan senjata yang diproduksi di negara-negara bekas Pakta Warsawa juga ada di gudang senjata tersebut,” kata NR Jenzen-Jones, pakar senjata militer yang merupakan direktur Layanan Penelitian Persenjataan yang berbasis di Australia.

Meskipun ada peningkatan, Israel mempertahankan keunggulan besar, dengan serangkaian tank modern, artileri, helikopter tempur, dan jet tempur buatan Amerika Serikat yang kuat. Militer Israel mengatakan mereka telah membunuh lebih dari 7.000 militan Hamas, dibandingkan dengan kematian sedikitnya 510 tentaranya sendiri, lebih dari 330 di antara mereka tewas dalam serangan awal Hamas. Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan lebih dari 23.000 warga Palestina tewas dalam pertempuran tersebut, meskipun Kementerian Kesehatan tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan.

Citra yang ditinjau oleh AP menunjukkan gudang senjata Hamas menampilkan senjata mulai dari senjata ringan dan senapan mesin hingga rudal permukaan-ke-udara yang ditembakkan dari bahu dan proyektil anti tank yang diproduksi dengan kerajinan tangan.

Salah satu yang paling khas adalah AM-50 Sayyad (bahasa Arab untuk “pemburu”) berukuran besar, senapan sniper buatan Iran yang menembakkan peluru kaliber 50 yang cukup kuat untuk menembus baja hingga satu inci. Senjata ini sebelumnya terlihat di medan perang di Yaman, Suriah, dan di tangan milisi Syiah di Irak.

Pejuang Hamas juga terlihat membawa serangkaian senjata era Uni Soviet yang telah ditiru dan diproduksi di Iran dan China. Mereka termasuk varian Strela 9M32 rancangan Rusia, sistem rudal anti-pesawat pencari panas portabel.

Jenzen-Jones mengatakan grip stock pada salah satu peluncur rudal yang terlihat dipegang oleh pesawat tempur tersebut berbeda dengan varian yang diproduksi di China dan digunakan oleh militer Iran dan sekutunya, termasuk Hizbullah di Lebanon, sebuah kelompok yang memiliki hubungan dekat dengan Hamas.

Senjata yang ditemukan dari pejuang Hamas oleh Pasukan Pertahanan Israel termasuk ranjau anti tank TC/6 rancangan Italia. Namun, Seán Moorhouse, mantan perwira Angkatan Darat Inggris dan ahli pembuangan bahan peledak, mengatakan hal itu juga telah ditiru oleh industri senjata Iran.

Pasukan Pertahanan Israel dan para pejabat AS telah lama menuduh Iran memasok uang, pelatihan dan senjata kepada Hamas dan militan sekutunya di Gaza, termasuk Jihad Islam Palestina.

Perwakilan Iran di PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) tidak menanggapi email dari AP tentang apakah pemerintah mereka memasok senjata ke Hamas, termasuk senapan sniper AM-50 Sayyad. Namun, sepekan setelah AP meminta komentar, Hamas memposting video yang dimaksudkan untuk menunjukkan militan di Gaza menggunakan peralatan mesin untuk membuat salinan senapan mereka sendiri.

Ahli senjata Don Fraley meninjau video tanggal 20 Desember itu dan mengatakan hampir mustahil bagi Hamas untuk memproduksi senapan sniper kaliber 50 yang aman dan akurat dengan peralatan dasar yang ditunjukkan.

“Anda harus menjadi bintang rock di bengkel mesin. Dan saya tidak melihat semua itu,” kata Fraley, mantan prajurit Pasukan Khusus Angkatan Darat AS dan penembak jitu di Kepolisian Negara Bagian Kentucky. “Orang-orang ini hanya berusaha menutupi jejak mereka.”

Seorang pejabat militer Israel yang mengetahui persenjataan Hamas mengatakan bahwa kelompok tersebut menggunakan kombinasi persenjataan “siap pakai” yang diselundupkan, termasuk AK-47, RPG dan rudal anti pesawat, serta banyak koleksi senjata buatan dalam negeri yang dibuat dengan bahan sipil yang mudah diakses.

Misalnya, kata pejabat tersebut, kelompok tersebut menggunakan mesin bubut untuk membentuk logam menjadi roket dan mortir, dan memasangkannya dengan bahan peledak yang dibuat dari pupuk. Senjata buatan dalam negeri lainnya termasuk peluncur yang mampu menembakkan 14 roket secara bersamaan dan drone “Zuwari”, sebuah pesawat bermuatan bahan peledak yang digunakan untuk menyerang menara observasi Israel dan melumpuhkan kamera pada 7 Oktober.

“Ada industri militer/pertahanan yang sangat besar di Jalur Gaza,” kata pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya berdasarkan aturan pengarahan militer.

Pejabat tersebut mengatakan sebagian besar senjata selundupan diyakini dibawa melalui Mesir dan umumnya mudah dibeli serta tidak perlu dipasok oleh negara asal.

Salah satu senjata yang terlihat di tangan para pejuang Hamas adalah versi senapan mesin China yang dikenal sebagai Tipe 80, model yang juga telah disalin oleh Iran dan diganti namanya menjadi PKM-T80.

Jonathan Ferguson, kurator senjata api di Royal Armouries Museum di Inggris, mengatakan dari apa yang dia lihat dari foto dan video, versi senjata yang dibuat di China dan Iran sangat mirip sehingga tidak dapat dibedakan.

Ferguson juga dapat mengidentifikasi granat berpeluncur roket dengan tanda yang menunjukkan bahwa granat tersebut dibuat di Bulgaria. AP sebelumnya melaporkan Hamas menggunakan RPG dengan garis merah khas yang menandakan bahwa itu dibuat di Korea Utara.

Di antara senjata buatan Hamas yang lebih canggih adalah tiruan roket anti tank Rusia yang disebut PG-7VR, yang dirancang khusus untuk mengalahkan sistem lapis baja reaktif seperti yang digunakan pada tank tempur utama Merkava Mark VI Israel. Tank-tank tersebut ditutupi dengan pelat berbahan peledak yang meledak ke arah luar untuk mengganggu proyektil yang masuk.

Dalam video propaganda yang diposting pada bulan Oktober, militan bertopeng terlihat merakit versi roket Rusia yang diberi nama oleh Hamas menjadi Al-Yasin 105, untuk menghormati pendiri kelompok tersebut yang terbunuh dalam serangan udara Israel pada tahun 2004. Sementara versi asli Rusia mampu menembus lapisan baja, para ahli mengatakan tidak jelas apakah bahan peledak buatan Hamas sama ampuhnya.

Hamas telah memposting beberapa video yang menunjukkan para pejuang menembakkan roket ke tank-tank Israel dan kendaraan pribadi lapis baja. Video-video tersebut biasanya terpotong setelah hulu ledak meledak, sehingga tidak mungkin untuk memverifikasi secara independen apakah target telah hancur.

Selain itu, dalam taktik yang dipinjam dari medan perang Ukraina, Hamas tampaknya telah memperoleh atau meniru drone rancangan Iran yang membawa hulu ledak yang meledak ketika menabrak sasaran mereka. Drone quadcopter buatan China yang tersedia juga telah diadaptasi untuk menjatuhkan bahan peledak ke tank dan pasukan.

“Ketersediaan kendaraan udara tak berawak komersial, drone konsumen ringan, telah mengubah peperangan secara radikal dalam beberapa tahun terakhir,” kata Jenzen-Jones. “Tentu saja kita telah melihat mereka di Suriah, Yaman, Irak, Ukraina, dan sekarang di Gaza.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home