Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:30 WIB | Minggu, 14 Januari 2024

Tentara Israel Temuka Pabrik Senjata Milik Hamas di Gaza Tengah

Tentara Israel Temuka Pabrik Senjata Milik Hamas di Gaza Tengah
Jalan Salah a-Din di Bureij Gaza tengah, pada hari Senin, 8 Januari 2024. (Foto-foto: ToI)
Tentara Israel Temuka Pabrik Senjata Milik Hamas di Gaza Tengah
Gudang roket jarak jauh Hamas di Bureij, Gaza tengah, 8 Januari 2024.
Tentara Israel Temuka Pabrik Senjata Milik Hamas di Gaza Tengah
Gudang Hamas yang digunakan untuk memproduksi komponen roket di Bureij, Gaza tengah, pada 8 Januari 2024.
Tentara Israel Temuka Pabrik Senjata Milik Hamas di Gaza Tengah
Pintu masuk terowongan di gudang Hamas yang digunakan untuk memproduksi komponen roket di Bureij Gaza tengah, 8 Januari 2024.

BUREIJ-JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Di sepanjang dan di bawah jalan raya utama utara-selatan Jalur Gaza, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada hari Senin (8/1) mengungkapkan di mana kelompok teror Hamas memproduksi roket jarak jauh yang telah digunakan untuk menyerang kota-kota Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Pasukan Brigade Lapis Baja ke-188 dan Brigade Infanteri Golani yang beroperasi di kamp Bureij di Gaza tengah dalam beberapa pekan terakhir menemukan apa yang digambarkan IDF sebagai “benteng teror produksi senjata.”

Menurut IDF, lokasi Hamas, sepanjang satu setengah kilometer jalan Salah a-Din di Bureij, mewakili pabrik pembuatan roket terbesar yang ditemukan sejauh ini di Jalur Gaza.

Outlet media, termasuk The Times of Israel, diajak berkeliling ke beberapa fasilitas pada hari Senin (8/1), mulai dari laboratorium produksi mesin roket bawah tanah, gudang tempat tabung badan proyektil dibuat, hingga fasilitas penyimpanan.

Semua lokasi tersebut terletak di sekitar Salah a-Din, yang telah dinyatakan oleh IDF sebagai jalur kemanusiaan bagi warga Palestina untuk melarikan diri dari Gaza utara ke selatan pada tahap awal perang.

Kolonel Or Vollozinsky, komandan Brigade ke-188, mengatakan daerah itu adalah “rantai pabrik teror… di jalan utama, dan di bawah rumah warga sipil.”

Sekitar selusin pintu masuk terowongan ditemukan di daerah tersebut, bersama dengan markas besar Batalyon al-Bureij Hamas, yang baru-baru ini direbut pasukan Vollozinsky.

Di dalam sebuah bangunan yang tampaknya biasa-biasa saja di daerah itu, para prajurit menemukan apa yang tampak seperti ruang tunggu dengan sofa dan kamar mandi, dan di ruangan berikutnya ada sebuah tangga menuju ke dalam terowongan.

Di dalam terowongan, yang turun sekitar 20 meter, pasukan menemukan laboratorium kimia besar yang digunakan untuk memproduksi bahan peledak dan mesin roket, menurut Vollozinsky.

Dia menunjuk ke tas berisi bahan kimia yang digunakan oleh Hamas untuk memproduksi bahan bakar roket, Vollozinsky mengatakan pasukan menemukan ratusan tas serupa di dalam laboratorium bawah tanah, tempat Hamas membuat “banyak bahan peledak untuk roket yang akan terbang ke Israel.”

Dia mengatakan bahwa laboratorium bawah tanah juga mengarah ke terowongan lain yang mereka temukan di daerah tersebut, dan kemungkinan besar situs tersebut dibangun selama beberapa tahun. “Membangun pabrik seperti itu membutuhkan banyak waktu; (Hamas) berhasil mempertahankan pencapaian ini untuk waktu yang lama,” kata Vollozinsky.

Ketika ditanya apakah IDF memiliki data intelijen di lokasi tersebut sebelum operasi darat, Vollozinsky mengatakan kepada The Times of Israel bahwa pasukan memiliki informasi tentang area tersebut secara umum, namun tidak mengetahui lokasi pastinya.

“Untuk menemukan terowongan, Anda perlu melakukan sedikit usaha, tapi kami berpengalaman setelah tiga bulan, dan kami tahu di mana mencarinya. Kami mendapat informasi adanya pabrik Hamas yang strategis di kawasan itu,” katanya.

Lokasi berikutnya yang boleh dikunjungi wartawan adalah gudang dengan beberapa mesin bubut dan alat berat lainnya, yang digunakan oleh Hamas untuk membuat roket jarak jauh, serta amunisi lainnya, termasuk mortir dan alat peledak.

Di dalam gudang ada satu lagi terowongan, yang ini jauh lebih dalam dan dilengkapi lift. Menurut IDF, terowongan tersebut terhubung ke jaringan bawah tanah besar, yang digunakan Hamas untuk mendistribusikan senjatanya ke seluruh wilayah Jalur Gaza.

Situs terakhir yang diizinkan IDF untuk dilihat wartawan adalah depot roket jarak jauh di atas tanah dan di bawah tanah, tempat penyimpanan proyektil yang telah selesai dibangun.

Sejumlah roket, dengan jangkauan 120 kilometer (75 mil), cukup untuk menjangkau seluruh Israel tengah, ditemukan bertumpuk di dalam bangunan itu.

Di dekat roket terdapat pintu masuk terowongan yang sangat besar, yang menurut para pejabat militer memungkinkan roket-roket besar disimpan di bawah tanah.

Komandan Brigade Golani, Kolonel Yair Palai, yang pasukannya terlibat dalam mengungkap fasilitas produksi roket Hamas, mengatakan IDF sedang dalam proses menghancurkan semua situs tersebut.

“Di sini Anda dapat melihat pentingnya manuver (darat),” kata Palai. “Ini adalah sesuatu yang perlu Anda capai. Untuk dicapai, pahami apa yang sedang terjadi, dan ledakkan sepenuhnya, pastikan tidak ada yang tersisa,  tidak ada roket yang bisa mencapai (Kibbutz) Kfar Aza (dekat perbatasan Gaza), dan bukan roket yang bisa mencapai Tel Aviv atau lainnya tempat."

Palai mengatakan mungkin masih ada tembakan roket ke Israel bahkan ketika pasukannya mengalahkan batalion Hamas, “tetapi kedatangan kami di sini, menangani mesin bubut, pabrik senjata, dan menghancurkannya sangatlah penting.” (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home