Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 14:58 WIB | Jumat, 30 Mei 2014

Harga Pangan Dunia Naik

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Harga pangan dunia naik dalam kuartal pertama tahun ini untuk pertama kalinya sejak harga tertinggi sepanjang masa pada Agustus 2012. Kenaikan itu didorong meningkatnya permintaan di Tiongkok, kemarau di Amerika Serikat dan kerusuhan di Ukraina.

Menurut Bank Dunia, harga makanan yang didagangkan secara internasional naik tajam 4,0 persen. Lonjakan tersebut dipimpin oleh gandum yang naik 18 persen dan jagung yang naik 12 persen.

Hasilnya, harga pangan internasional pada April hanya turun 2,0 persen dari setahun sebelumnya dan turun 16 persen dari level rekor pada Agustus 2012, menurut laporan harga pangan kuartal Bank Dunia.

“Meningkatnya kekhawatiran terhadap cuaca dan permintaan impor – dan bisa dibilang, sedikit ketidakyakinan berhubungan dengan situasi di Ukraina – menyebabkan sebagian besar kenaikan harga tersebut,” kata laporan tersebut.

Para ekonom Bank Dunia mengatakan harga-harga naik meskipun jumlah panennya melimpah pada 2013 dan memperkirakan prospek berkelanjutan untuk rekor panen gandum yang lebih kuat pada 2014.

Kondisi kering yang terus-menerus di Amerika Serikat serta kuatnya permintaan global, khususnya dari Tiongkok, sebagian memengaruhi kenaikan harga.(AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home