Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:08 WIB | Sabtu, 20 Juni 2015

Harga Tiga Bahan Pokok Naik, Mendag: Harga Stabil

Berbagai jenis cabai hasil panen petani lokal yang dijual di Mall Alam Sutera Tangerang. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menyatakan harga dan pasokan sejumlah bahan pokok sudah stabil menjelang Lebaran. Namun, menurut pemantauan yang dilakukan Kementerian Perdagangan (Kemendag) ada tiga bahan pokok yang harganya naik, yaitu cabai merah, daging ayam, dan daging sapi.

“Yang cenderung naik, akibat permintaan yang meningkat pada awal bulan puasa. Untuk cabai, Kementan serta asosiasi petani dan pedagang memastikan dalam waktu dekat akan ada pasokan hasil panen di daerah Banyuwangi, Jember, Kulonprogo, Magelang, dan Lampung,” kata dia dalam konferensi pers "Kesiapan Puasa dan Lebaran" di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Jumat (19/6).

Dalam laporannya, harga cabai merah keriting naik 11,79 persen, daging ayam ras 4,74 persen, dan daging sapi 4,02 persen. Sedangkan harga komoditas yang stabil dengan kenaikan di kisaran 0,8 persen hingga 2 persen adalah gula pasir 0,08 persen, tepung terigu 0,79 persen, kedelai lokal 0,74 persen, dan telur ayam ras 2 persen.

“Sedangkan (harga) yang turun adalah minyak goreng curah 0,18 persen, kedelai impor 0,54 persen, cabai rawit merah 2,77 persen, dan bawang merah 3,97 persen,” kata dia.

 Mendag juga menyampaikan harga bawang merah telah turun dibandingkan harga pekan lalu yang mencapai Rp 37.000/kg. Menurutnya, ini karena telah terjadi panen di Brebes, Cirebon, Nganjuk, dan Bima.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home