Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 09:41 WIB | Sabtu, 20 Juni 2015

Kementan: Ketersediaan Bahan Pokok Puasa dan Lebaran Aman

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Benny Rachman (paling kanan) di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Jumat (19/6). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Pertanian memastikan beberapa bahan pokok seperti beras, bawang merah, jagung, kedelai, dan gula pasir masih aman saat puasa dan Lebaran.

“Bahan pokok beras surplus hingga mencapai 10,9 juta ton di akhir tahun 2015. Jadi untuk beras sangat aman. Misalnya seperti di pasar induk beras Cipinang. Pada periode yang sama di tahun 2015 dan periode Januari-Juni 2015 paling tinggi enam tahun terakhir,” kata Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Benny Rachman di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Jumat (19/6).

Selain beras, jagung diperkirakan mengalami surplus hingga 42.000 ton. Sedangkan untuk kedelai meskipun surplus namun jumlahnya tidak seperti surplus beras karena banyaknya permintaan daripada pasokan.

Kemudian untuk gula pasir, Benny memastikan surplus hingga 1,1 juta ton diikuti bawang merah yang mengalami surplus hingga 200.000 ton.

“Bawang merah alami surplus namun tidak terlalu tinggi. Hanya persoalannya pola tanam bawang tidak seperti beras sehingga perlu tata niaga yang lebih baik lagi,” kata dia.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home