Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 18:15 WIB | Jumat, 29 November 2013

Hari AIDS Usung Tema LIndungi Pekerja

Peringatan Hari AIDS. (Foto: antarafoto.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Komisi Penanggulang AIDS Nasional Kemal Siregar mengatakan puncak peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) di Indonesia pada 3 Desember akan mengusung tema perlindungan terhadap pekerja.

"Tahun ini penyelenggaraan peringatan dilakukan oleh Indonesian Business Coalition on AIDS," ujar Kemal dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (29/11).

Acara puncak peringatan hari AIDS tersebut dijadwalkan diselenggarakan di Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Barat. Tema dalam peringatan tersebut, yaitu “Cegah HIV dan AIDS, Lindungi Pekerja, Keluarga, dan Bangsa”.

"Ini untuk pertama kalinya sektor swasta dilibatkan sebagai penyelenggara," ia menjelaskan.

Ketua Indonesian Business Coalition on AIDS (IBCA) Hamid Batubara mengatakan acara tersebut melibatkan 1.000 peserta, baik dari kementerian, lembaga, masyarakat sipil, populasi berisiko tinggi, perusahaan swasta, pekerja, dan remaja.

"Acara puncak peringatan Hari AIDS akan menjadi penutup sekaligus menghasilkan komitmen bersama untuk upaya penanganan HIV/AIDS pada tahun-tahun mendatang," ujar Hamid.

Ia menambahkan, perkembangan HIV/AIDS masih terus meningkat, terutama pada usia produktif, “Hampir 80 persen penderita HIV/AIDS pada usia produktif, dan sebagian besar adalah pekerja."

Menurut Hamid, seandainya penularan HIV/AIDS bisa dicegah, itu adalah sesuatu yang luar biasa karena pertumbuhan HIV/AIDS di Indonesia mencapai 60 persen.

Hamid mengharapkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai HIV/AIDS  meningkat sehingga tidak terjadi diskriminasi.

Pada peringatan hari AIDS tersebut juga akan diluncurkan layanan tes sukarela beserta konseling atau “VCT at Work”. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home