Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:47 WIB | Sabtu, 02 April 2016

Hari Buku Anak Internasional: Ambilah Buku dan Bacalah

Ilustrasi. (Foto: bbc.com)

SATUHARAPAN.COM –  Hari Buku Anak Internasional dirayakan setiap tanggal 2 April. Tahun 2016, tema yang dicanangkan, menginspirasi anak, agar mengambil sebuah buku dan membaca.

Tanggal 2 April dipilih, menandai hari tersebut adalah hari kelahiran sastrawan muda Hans Christian Andersen, penulis banyak cerita anak-anak yang terkenal, seperti The Little Mermaid dan The Ugly Duckling.

Penyelenggara Hari Buku Anak Internasional adalah Dewan Internasional tentang Buku Untuk Anak Muda, atau Board Book on Books for Young People (IBBY), yang mencanangkan tujuan untuk mempromosikan buku dan membaca kepada orang-orang muda.

IBBY membuat tema dan mengundang penulis terkemuka untuk menulis pesan kepada anak-anak seluruh dunia dan ilustrator terkenal untuk merancang sebuah poster.

Poster tersebut digunakan untuk mempromosikan buku dan untuk kegiatan membaca. IBBY juga mempromosikan melalui media dan mengatur kegiatan di sekolah-sekolah dan perpustakaan umum.

IBBY didirikan di Zurich, Swiss, pada tahun 1953, dan saat ini sudah memiliki 70 cabang di seluruh dunia.

Selama Hari Buku Anak Internasional akan ada sejumlah acara yang diadakan di seluruh dunia, termasuk menulis untuk kompetisi dan pembicaraan dari penulis terkenal dan ilustrator.

Meskipun Anda mungkin akrab dengan karya-karya terkenal seperti Harry Potter dan Alice in Wonderland, ada banyak penulis buku anak-anak yang luar biasa di luar sana, menunggu untuk ditemukan, tidak hanya oleh anak-anak tetapi orang dewasa yang berjiwa muda juga.

Pada hari buku anak Internasional, IBBY membuat tema dan akan mengundang penulis terkemuka, dan akan mempertemukan penulis dan illustrator untuk mempromosikan kegiatan membaca buku, dan mengatur kegiatan di sekolah-sekolah dan perpustakaan umum, juga mengadakan lomba menulis atau pengumuman penghargaan buku.

Untuk tahun 2016, sponsor untuk Hari Buku Anak Internasional untuk 2016 adalah Brasil. (ibby.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home