Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 13:09 WIB | Rabu, 15 Februari 2023

Hari Valentine Makin Populer di Arab, Berikut Lima Ungkapan Cinta dalam Bahasa Arab

Permen berbentuk hati dipajang untuk dijual pada Hari Valentine di Damaskus, Suriah pada 13 Februari 2020. (Foto: dok. Reuters)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM - Bahasa Arab dikenal sangat kompleks, tanpa jumlah kata yang terverifikasi atau pasti dan beberapa dialek berbeda yang digunakan di seluruh wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara.

Setidaknya ada 11 kata untuk 'cinta' dalam bahasa Arab saja. Namun tidak semua frase pemujaan itu dalam bahasa Arab dapat dipahami dalam bahasa Inggris atau bahasa lain jika diterjemahkan secara harfiah.

Dalam merayakan Hari Valentine, berikut adalah beberapa ungkapan cinta bahasa Arab yang bisa membuat pembacanya cekikikan jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia:

1. Qamar

'Qamar,' yang diterjemahkan menjadi 'bulan'. Menyebut seseorang sebagai bulan berarti mereka itu cantik.

2. Toqborni

Terjemahan literal dari 'toqborni' adalah "kuburkan aku", sebuah istilah yang lebih umum digunakan di Lebanon. Dan meskipun mungkin tampak suram dalam bahasa Inggris, 'toqborni' sebenarnya berarti "biarkan aku mati sebelum kamu dan kamu yang menguburku, jadi aku tidak perlu hidup sehari pun tanpamu."

3. Fulla Shamaa Monawara

'Fulla Shamaa Monawara' diterjemahkan sebagai "lilin yang menyala." Dalam dialek Mesir, menyebut seseorang dengan ungkapan itu berarti mereka cantik seperti lilin yang menyala.

4. Bamoot feek/feeki

Dalam referensi lain tentang kematian, 'bamoot feek' (bila dikatakan kepada laki-laki) atau 'bamoot feeki' (diucapkan kepada perempuan) adalah ungkapan cinta yang umum. Istilah ini secara langsung diterjemahkan menjadi "Aku mati di dalam kamu", atau dengan kata lain "Aku akan mati untukmu".

5. Tayer feeki/Tayra feek

'Tayer feeki' (ketika dikatakan kepada perempuan) atau 'tayer feek' (ketika dikatakan kepada laki-laki) secara langsung diterjemahkan menjadi "Aku terbang bersamamu." Meskipun terjemahannya tidak masuk akal dalam bahasa Inggris, itu berarti "Aku gila cinta padamu." (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home