Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:08 WIB | Kamis, 16 Juli 2020

Hasil Tes COVID-19 Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, Kembali Positif

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. Dia terlalu meremehkan pandemi COVID-19, dan telah terpapar virus itu. (Foto: dok. Reuters)

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM-Hasil tes COVID-19 Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, kembali positif, kata sang presiden kepada wartawan di Brasilia pada hari Rabu (15/7). Ini menunjukkan bahwa Bolsonaro belum sembuh dari infeksi yang pertama didiagnosis pekan lalu itu.

Sejak terinfeksi virus, presiden mengaku masih dalam kondisi sehat dan ia akan kembali bekerja jika hasil tes COVID-19 pekan ini negatif. Namun pada hari Rabu, ia mengatakan akan kembali menjalani tes dalam beberapa hari ke depan.

Bolsonaro, mantan kapten militer, pertama kali mengumumkan hasil diagnosisnya pada 7 Juli. Saat itu, ia mengaku hanya mengalami "flu ringan", bahkan saat wabah virus corona di Brasil menjadi yang paling buruk kedua di dunia, setelah Amerika Serikat.

Presiden meremehkan jumlah kematian yang terus bertambah, yang kini mencapai 74.000 lebih dengan hampir dua juta kasus terkonfirmasi COVID-19. Menurut Bolsonaro, kondisi fisik yang baik akan mencegahnya mengalami gejala serius jika jatuh sakit.

Bolsonaro juga mengesampingkan saran para ahli medis dalam penanganan pandemi di Brasil dan mendesak penguncian kota dan negara bagian diakhiri. Dia kerap berada di hadapan umum tanpa masker. Tindakannya tersebut menuai kritik dari para spesialis kesehatan.

Bolsonaro mengaku sedang mengonsumsi obat anti malaria, hydroxychloroquine, yang belum terbukti ampuh melawan COVID-19. Dia dan Presiden AS, Donald Trump, sering gembar-gemborkan itu sebagai pengobatan untuk virus corona.

Tekanan Bolsonaro bagi penggunaan obat hydroxychloroquine berujung pada pengunduran diri dua menteri kesehatan Brasil di tengah pandemi. Kementerian Kesehatan Brasil kini dipimpin sementara oleh seorang militer aktif berpangkat jenderal. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home