Loading...
INSPIRASI
Penulis: Endang Hoyaranda 05:32 WIB | Senin, 16 Desember 2013

Hidup dengan Suara Hati

Augustinus dari Hippo (foto: www.rkdocumenten.nl)

SATU HARAPAN.COM – Desember bisa jadi bulan di mana orang paling banyak berefleksi. Dalam bulan terakhir menjelang pergantian tahun ini, apa yang diharapkan pada awal tahun disandingkan dengan apa yang telah dicapai pada akhir tahun: Adakah harapan tercapai? Adakah nilai awal tahun membaik pada akhir tahun atau justru memburuk?

Yang paling membuat tertekan adalah ketika seseorang menemukan bahwa sosok dirinya dalam kenyataan bukanlah apa yang diharapkannya. Semakin besar jurang perbedaan antara harapan dan kenyataan, semakin besar pula penderitaan. Beruntunglah, situasi demikian biasanya menjadi pendorong yang kuat untuk memperbaiki diri agar terbebas dari tekanan.

Dalam bukunya Confessions, Augustinus (pada abad ke-4) berkisah mengenai lembaran kehidupannya saat masih muda yang  penuh perbuatan hedonistis, kotor, dan tidak terpuji demi mencari kenikmatan diri sendiri.  Semua upaya mencari kenikmatan itu ternyata tidak membuatnya berbahagia, sebaliknya ketidakdamaian semakin menggerogotinya. Ia kemudian mencari jati diri yang lebih baik demi mencapai kebahagiaan yang sejati.

Melalui perjalanan panjang akhirnya  Agustinus mendapatkannya dalam Tuhan. Ia kemudian hari bahkan menjadi salah satu Bapak-bapak Gereja yang dihormati dan dikagumi oleh jutaan umat Katolik dan Protestan.

Riwayat Augustinus adalah contoh dari seorang manusia yang mendengarkan suara hati dan bertindak atasnya, berjuang tanpa henti untuk mencari makna kehidupan yang semakin baik, bahkan terbaik.

Kenyataan hidup manusia membuktikan bahwa semua usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, tekun dan tiada henti, pasti akan membuahkan hasil. Terlebih jika upaya itu merupakan pencarian makna kehidupan yang semakin baik.

Mungkin perjalanan menuju puncaknya butuh waktu lama. Tetapi, janganlah putus asa, saatnya akan tiba. Mulailah sekarang! Semua perjalanan panjang selalu dimulai dari langkah pertama. Dan jangan berhenti berjuang, jangan berhenti dalam mendengarkan suara hati yang mengingatkan akan hal terbaik yang harus dicapai. Anda pasti akan tiba di sana.

Selamat berefleksi!

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home