Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Endang Saputra 12:34 WIB | Selasa, 15 Desember 2015

HKSN, Dinsos DKI Berikan 3000 Akta Lahir

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Masrokhan.(Foto: Humas Dinsos)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dalam peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta memberikan akta lahir untuk 3000 anak Jakarta, hari Selasa (15/12) ini.  Anak-anak tersebut merupakan anak binaan dari Yayasan Pondok Kasih.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Masrokhan mengatakan pemberian akta lahir tersebut sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap anak yang kurang beruntung. Maka dari itu dalam HKSN ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk memupuk rasa kepedulian dan kebersamaan terhadap sesama.

"Dimulai dari memupuk rasa kepedulian dan kebersamaan, kesetiakawanan akan tumbuh dan berkembang. Sehingga kita bisa mewujudkan sikap kesetiakawanan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat dan berbangsa," kata Masrokhan.

Selain itu, ia menilai, belakangan ini sikap kesetiakawanan sosial sudah terkikis. Terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta. Masyarakat cenderung individualis. Padahal, manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan. Ada peran serta orang lain dalam membantu kita.

"Kita menganggap bahwa kita adalah orang yang berhasil berkat usaha sendiri. Tapi kenyataannya, ada peran serta orang lain yang sudah membantu kita meskipun tidak secara langsung. Dan perlu disadari juga, ada orang yang kurang beruntung yang perlu kita bantu," kata dia.

Orang yang kurang beruntung tersebut, kata dia, bisa jadi akan menjadi orang yang beruntung ketika dibantu. Atau bisa jadi keberuntungan kita saat ini merupakan hasil bantuan orang lain. Intinya, manusia tidak bisa lepas dari bantuan orang lain.

"Maka dari itu, kami mengajak kepada masyarakat untuk bersama dengan pemerintah daerah membantu orang-orang yang kurang beruntung tersebut. Ini sebagai sikap kesetiakawanan kita terhadap sesama," kata dia.

Karena memang, tujuan dari HKSN ini, mendayagunakan peran aktif masyarakat khususnya masyarakat yang kurang beruntung. Untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah dalam mengatasi dan menanggulangi permasalahan sosial.

"Semoga momentum ini bisa mengingatkan kita kembali untuk membangkitkan sikap kesetiakawanan sosial," kata dia.

HKSN ini, katanya, diikuti oleh 600 orang yang berasal dari lima wilayah kota administrasi Jakarta. Dalam acara tersebut, diberikan juga bingkisan dari Yayasan Pondok Kasih kepada anak-anak panti, bakti sosial kepada 200 warga kurang mampu, dan pentas seni anak-anak binaan panti. Acara tersebut diadakan di Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2, Cipayung Jakarta Timur

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home