Loading...
MEDIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:12 WIB | Rabu, 31 Maret 2021

Hoaks! Jokowi Lepaskan Papua Barat

Tangkapan layar dari Facebook. Hoaks yang menyebutkan Presiden Joko Widodo melepaskan Papua Barat. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sebuah unggahan beredar di laman media sosial Facebook menyebut Presiden Joko Widodo setuju untuk melepaskan Papua Barat dari wilayah Indonesia.

Unggahan berupa poster itu disertai foto Jokowi mengenakan atribut seperti masker dan lencana yang menunjukkan bendera bintang kejora, sebagai bendera yang diklaim sebagai bendera Papua Barat.

Berikut narasi lengkapnya:

Bapak president RI.
JOKOWIDODO telah menyatakan dirinya sebagai persident indonesia akan merekomendasikan bangsa west papua untuk merdeka berdaulat di tanah air west papua dari sorong sampai merauke. Didalam Allah Alam dan tulang belulang bangsa west papua. =======HIDUP TPNPB OPM========

“Free west papua
PRESIDENT SIAP LEPASKAN WEST PAPUA”

Namun, benarkah Jokowi melepaskan Papua Barat?

Penjelasan:
Mengutip laman turnbackhoax.com, gambar Presiden Joko Widodo mengenakan masker dan lencana bergambar bintang kejora itu merupakan gambar yang telah mengalami proses penyuntingan.

Gambar asli yang menampilkan Presiden Jokowi berbaju putih dan mengenakan masker dengan pose mengepalkan tangan, telah dimuat oleh situs bbkb.kemenperin.go.id.

Dalam gambar di situs Kemenperin itu, lencana yang dikenakan Presiden Jokowi adalah Bendera Merah-Putih dan masker putih polos.

Klaim yang disebut pengunggah di media sosial bahwa Presiden Jokowi telah membebaskan Papua Barat bertentangan dengan kebijakan pemerintah terkait Papua Barat yaitu tetap menjadi bagian dari Indonesia.

Selain itu, tidak ada pernyataan resmi dari Istana terkait pemberitaan Papua Barat seperti disebutkan dalam unggahan media sosial.

Klaim: Jokowi lepaskan Papua Barat
Rating: Hoaks

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home